PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCAFFOLDING MELALUI PERMAINAN DI TK B SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN

Yuli Haryati, Ismartoyo -

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di TK kelompok B yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah anak keseluruhan ada 64 di TK ABA 2 Purworejo. Tujuan dari penelitian untuk (1) mengetahui kelebihan dari penerapan strategi scaffolding terhadap pemahaman konsep bilangan dan (2) mengetahui keberhasilan pelaksanaan strategi scaffolding terhadap pemahaman konsep bilangan.

Pelaksanaan strategi pembelajaran scaffolding melalui permainan dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan. Strategi pembelajaran scaffolding merupakan teknik pemberian dukungan belajar yang pada tahap awal diberikan secara lebih terstruktur, kemudian secara berjenjang menuntun siswa kearah kemandirian belajar. Meningkatnya pemahaman konsep bilangan pada anak TK akan memudahkan mereka dalam mengikuti pendidikan selanjutnya, sehingga harapan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada bulan Desember nanti dapat tercapai.

Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) sebagai metode pokok yaitu observasi (pengamatan); (2) wawancara; (3) dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. . Teknik analisis data secara khusus merujuk pada proses interaktif menyeluruh yang meliputi (1) reduksi data:; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil pelaksanaan penelitian pada siklus satu dari 64 anak, yang sudah dapat menyebutkan nama bilangan dan sesuai dengan praktiknya ada 36% (23 anak), sudah dapat menyebutkan nama bilangan tetapi belum sesuai dengan praktiknya ada 42% (27 anak) dan belum dapat menyebutkan nama bilangan 22% (14 anak).

Dapat disimpulkan bahwa hasil pelaksanaan siklus satu belum seperti yang diharapkan, maka ditindaklanjuti pada siklus dua. Hasil pelaksanaan siklus dua dari 64 anak, yang sudah dapat menyebutkan nama bilangan dan sesuai dengan praktiknya ada 66,5% (43 anak), sudah dapat menyebutkan nama bilangan tetapi belum sesuai dengan praktiknya ada 24% (15 anak) dan yang belum dapat menyebutkan nama bilangan hanya 9,5% (6 anak).Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dalam pengembangan pemahaman konsep bilangan pada anak TK kelompok B.

Kata kunci: Scaffolding, Permainan, Konsep Bilangan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 162 times
PDF - 98 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.3.2.2016.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats