KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS DASAR
(1) Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, IKIP Veteran Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Perkembangan dunia pendidikan sekarang telah maju pesat, hal ini bisa dilihat banyaknya yang melanjutkan ke perguruan tinggi, meskipun ada yang gagal melanjutkan ke perguruan tinggi negeri tetapi masih banyak pula yang melanjutkan ke perguruan tinggi swasta dikarenakan tingkat semangat memperoleh pendidikan untuk mencapai cita-cita sangat besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi positif antara gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester I tahun 2016/2017 Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Veteran Semarang yang menempuh mata kuliah Kalkulus Dasar. Subjek dalam instrumen penelitian untuk mengamati gaya belajar mahasiswa berupa angket, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa, data yang digunakan berupa nilai ujian akhir semester mahasiswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan mahasiswa kebanyakan memiliki gaya belajar auditorial yakni sebanyak 50%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya belajar secara statistik tidak memiliki korelasi positif yang signifikan dengan variabel hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus dasar. Hasil ini diperoleh berdasarkan perolehan hasil uji korelasi Product Moment yang dilakukan menunjukkan bahwa rxy = 0,0967 sedangkan tobs = 0,194311 yang mengidikasikan tidak terdapat korelasi positif antara gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus dasar.
Keywords: Korelasi, gaya belajar, hasil belajar, kalkulus dasar
Article Metrics
Abstract view : 359 timesDOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.4.1.2017.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401