PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN MELALUI REKREASI MATEMATIKA DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN SEKOLAH DASAR
(1) UPBJJ-UT Semarang
(2) UPBJJ-UT Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Pengembangan pembelajaran matematika yang menyenangkan melalui Rekreasi Matematika di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD ) dan Sekolah Dasar (SD) dalam makalah ini bertujuan memberikan gambaran tentang salah satu upaya peningkatan pembelajaran ditingkat mendasar. Gagasan ini dilatar belakangi (1) keprihatinan masih adanya fenomena pelajaran matematika sulit dan menakutkan dan (2) himbauan mendikbud untuk meningkatkan pendidikan secara fundamental diantaranya menghasilan individu yang gemar belajar sehingga siap dalam persaingan global MEA.
Pembahasan terfokus pada rekreasi matematika yang jelas teridentifikasi memiliki aktivitas menarik dan mendatangkan kepuasan jiwa. Karakteristik rekreasi matematika dikaitkan dengan kesesuaian perkembangan anak, memungkinkan dapat dimanfaatkan guru sebagai alternative pemenuhan/melengkapi tugas perkembangan yang selayaknya dilakukan guru kelas secara optimal.
Aktivitas rekreasi matematika berfungsi(1) Mengasah logika; (2) Mengetahui indahnya matematika (3) Melacak kebenaran hasil matematika dan kebetulannya; (4) Ketelitian; diuraikan dapat dimanfaatkan oleh guru dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan. Kedudukan rekreasi matematika dapat dikaitkan sebagai alat peraga, aktivitas pengayaan, aktivitas remedial, atau diprogram untuk tujuan yang lain. Gambaran aktivitas rekreasi matematika yang terlibat dan terkait pembahasannya dari berbagai segi diberikan masing-masing contoh /uraian abstraksi secara singkat.Terakhir ditutup dengan saran perlunya Laboratorium Matematika yang dapat mendukung terlaksananya rekreasi matematika dalam pembelajaran yang menyenangkan di Sekolah Dasa
Kata Kunci: pengembangan pembelajaran matematika yang menyenangkan, aktvitas rekreasi matematika, pendidikan PAUD dan SD
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1879 timesPDF - 368 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.4.1.2017.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401