PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN MELALUI REKREASI MATEMATIKA DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN SEKOLAH DASAR

Ismartoyo _ _(1*), Yuli _ Haryati(2)


(1) UPBJJ-UT Semarang
(2) UPBJJ-UT Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Pengembangan pembelajaran matematika yang menyenangkan melalui Rekreasi Matematika di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD ) dan Sekolah Dasar (SD) dalam makalah ini bertujuan  memberikan gambaran tentang salah satu upaya peningkatan pembelajaran ditingkat mendasar.  Gagasan ini dilatar belakangi (1) keprihatinan masih adanya fenomena pelajaran matematika sulit dan menakutkan  dan (2) himbauan mendikbud untuk meningkatkan pendidikan secara fundamental diantaranya menghasilan individu yang gemar belajar sehingga siap dalam persaingan global MEA.

Pembahasan terfokus pada rekreasi matematika yang jelas teridentifikasi memiliki aktivitas menarik dan mendatangkan kepuasan jiwa. Karakteristik rekreasi matematika dikaitkan dengan kesesuaian perkembangan anak, memungkinkan dapat dimanfaatkan guru sebagai alternative pemenuhan/melengkapi tugas perkembangan yang  selayaknya dilakukan guru kelas secara optimal.

Aktivitas rekreasi matematika berfungsi(1) Mengasah logika; (2) Mengetahui indahnya matematika (3) Melacak kebenaran hasil matematika dan kebetulannya; (4) Ketelitian; diuraikan dapat dimanfaatkan oleh guru dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan. Kedudukan rekreasi matematika dapat dikaitkan sebagai alat peraga, aktivitas pengayaan, aktivitas remedial, atau diprogram untuk tujuan yang lain. Gambaran aktivitas rekreasi matematika yang terlibat dan terkait pembahasannya dari berbagai segi diberikan masing-masing contoh /uraian abstraksi secara singkat.Terakhir ditutup dengan saran perlunya Laboratorium Matematika yang dapat mendukung terlaksananya rekreasi matematika dalam pembelajaran yang menyenangkan di Sekolah Dasa

Kata Kunci:  pengembangan pembelajaran matematika yang menyenangkan,  aktvitas rekreasi matematika, pendidikan PAUD dan SD 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1717 times
PDF - 323 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.4.1.2017.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401