UpayaMeningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Memperkenalkan Konsep Pengukuran Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran

Sri Handayani(1*), Sumarno Sumarno(2), Yuli Haryati(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemampuan anak dalam mengenal konsep pengukuran di TK Tunas Putra masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkankemampuan mengenal konsep pengukuran untuk anak usia dini diTK Tunas Putra.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakankelas yang mengadopsi model Kurt Levin, dengan subjek penelitian anak-anakkelompokTKBdiTK Tunas Putra yangberjumlah14 orang terdiri dari l0 orang laki dan 4 orang perempuan. Metode pembelajaran   yang   digunakan   untuk   meningkatkan   kemampuan   mengenal   konsep pengukuran pada anak – anak kelompok TK B di TK Tunas Putra adalah metode bermain peran dengan jenis drama terpimpin, artinya   skenario cerita sudah dibuat disiapkan sebelumnya. Dan anak tinggal memainkan sesuai peran dan cerita yang ada didalamnya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus dengan satu tindakan dalam setiap siklusnya.   Hasil   penelitian   menunjukkan   adanya   peningkatan   pada   setiap   siklusnya. Presentase awal padas saat observasi awal sebelum di terapkannya metode bermain peran (pra siklus) dalam kategori berkembang sangat baik (BSB) sebesar 0% meningkat pada akhir siklus ketiga menjadi 21,43%. Pda kategori berkembang sesuai harapan (BSH) ketika observasi awal sebesar 0% meningkat di akhir siklus ketiga menjadi 78,75%. Kategori mulai terlihat (MB) dari observasi awal sebesar 42,86% menurun pada akhir siklus ketiga menjadi

0%. Kategori belum terlihat (BB) ketika observasi awal sebesar 57,14% menurun pada akhir siklus ketiga menjadi 0%. Berdasarkan hasil peningkatan pada setiap siklus membuktikan bahwa metode bermain peran memberikan pengaruh pada peningkatan kemmapuan mengenal konsep pengukuran pada anak – anak kelompok TK B di TK Tunas Putra Rembang. Rekomendari   yang  diajukan  bagi  peneliti  selanjutnya  adalah  dapat   mengembangkan penelitian pengukuran lebih lanjut dengan menggunakan metode pembelajaran lainnya yang melibatkan anak – anak aktif secara langsung dan nyata.

 

Kata kunci : Pengukuran Anak Usia Dini, Metode Bermain Peran.

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1844 times
PDF - 1684 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.4.1.2017.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401