SYSTEM BIMBINGAN TEMAN SEJAWAT PADA PROSES PEMBELAJARAN PROGRAM MATEMATIKA DAN ILMU ALAM KELAS XI SEMESTER GASAL DI SMA N 1 WATES TAHUN 2016

Sri Wahyuni Purbowati(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, melalui penerapan metode/ systim bimbingan teman sejawat, mempersiapkan kelompok belajar yang terdiri dari campuran siswa yang berasal dari SMP Negeri dan SMP Swasta. Metode yang dipakai adalah menggunakan penelitian tindakan kelas dengan variable ; input, proses dan out-put serta dengan subjek penelitian siswa program matematika dan ilmu alam kelas XI SMA N 1 Wates.. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang berasal dari SMP Negeri dengan siswa yang berasal dari SMP Swasta. Harapan dalam penelitian tindakan kelas prestasi belajar siswa jadi meningkat, metode ini layak untuk diterapkan, terutama mengenai pola pembagian kelompok tetap memperhatikan dan mempertimbangkan latar belakang pendidikan masing-masing siswa.

Kata kunci: metode/systim, bimbingan, teman sejawat dan kelompok

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 169 times
PDF - 38 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.4.1.2017.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401