MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MATERI PECAHAN SISWA KELAS V SD NEGERI NGEMPLAK KIDUL 01 MARGOYOSO PATI
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Berdasarkan obeservasi di lapangan, masih banyak pembelajaran matematika yang berpusat pada guru. Selain itu metode yang digunakan kurang menarik. Hal tersebut menyebabkan minat siswa kurang, sehingga berimbas rendahnya prestasi belajar siswa. Tindakan yang dapat memperbaiki permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran yang berpusat siswa, serta dapat meningkatkan motivasi siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar dan minat siswa adalah Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibagi dalam 4 tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Ngemplak Kidul 01 Kec. Margoyoso Kab. Pati, jumlah siswa 25 anak yang terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), telah dapat meningkatan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar dengan persentase Pra tindakan sebesar 41,18%, siklus I sebesar 70,59% dan pada siklus II sebesar 94,12%. Nilai rata-rata hasil tes pada pra tindakan sebesar 74,00 siklus I sebesar 75,91, sedangkan pada siklus II sebesar 81,44. Berdasarkan hasil penelitian ini, hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, hasil belajar, pecahan
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 231 timesPDF - 28 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.4.1.2017.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401