EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DAN TIME TOKEN BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH MATEMATIKA SMP

Noviana Dini Rahmawati(1*), Sutrisno Sutrisno(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give berbantuan multimedia interaktif, model pembelajaran Time Token berbantuan multimedia interaktif, serta model pembelajaran konvensional pada mata kuliah Matematika SMP. Sehingga diperoleh model pembelajaran yang sesuai pada mata kuliah Matematika SMP. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang dilakukan pada tahun akademik 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas PGRI Semarang semester II yang menempuh mata kuliah Matematika SMP. Adapun teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi satu jalur sel tak sama. Hasil penelitian ini yaitu terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah Matematika SMP yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give berbantuan multimedia interaktif, model pembelajaran Time Token berbantuan multimedia interaktif, dan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran Take and Give dan model pembelajaran Time Token berbantuan multimedia interaktif menghasilkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika SMP yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran Take and Give berbantuan multimedia interaktif dan model pembelajaran Time Token berbantuan multimedia interaktif menghasilkan prestasi belajar mahasiswa yang sama pada mata kuliah Matematika SMP.

 

Kata Kunci: Eksperimentasi, Take and Give, Time Token, Matematika SMP

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 428 times
PDF - 85 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.4.2.2017.32-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401