Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Berbasis Konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan model kooperatif Team Assisted Individualization berdasarkan konstruktivisme yang valid dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Silabus, Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS) Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D dari Thiagarajan, Smemel dan Smemel yang terdiri dari tahap Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebaran, dengan tahap penyebaran ditiadakan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi keaktifan, dan Tes Kemampuan Berpikir Kreatif siswa. Nilai rata-rata hasil validasi perangkat adalah 3,35 (kriteria tinggi) yang artinya bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid. Uji coba di lapangan menunjukan bahwa penerapan perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah efektif. Berdasarkan hasil analisa nilai pretes dan postes pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 63,5 % (kriteria Sedang). Oleh karena itu, produk perangkat ini dapat digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah-sekolah.
Kata kunci: perangkat pembelajaran; model kooperatif; konstruktivisme; TAI, berpikir kreatif .
ABSTRAKS
Aim of this study is to develop the mathematical learning device by using the cooperative model of Team Assisted Individualization based on constructivism that valid and effective. Learning devices developed include Syllabus, Lesson Plan, Student Books and Worksheets Students. This study is the development of research which refers to the development of 4D models of Thiagarajan, Smemel and Smemel comprising the step Defining, Designing, Development and Deployment, the deployment phase eliminated. The instrument used in this study is the validation sheet of learning, liveliness observation sheets, and creative thinking ability of students tests. The average value of the validation result is 3.35 (high criteria) which means that the learning devices developed have valid criteria. Field trials showed that the application of the developed learning devices were effective. Based on analysis of the value of pretest and posttest in the experimental class showed an increase in students' ability to think creatively by 63.5% (medium criteria). Therefore, the product can be used as a reference in the learning implementation in schools.
Keywords : learning device; cooperative model; constructivism; Team Assisted Individualization, creative thinking.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 429 timesPDF - 91 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.3.2.2016.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401