DIPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE SOCRATES
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian ini menjelaskan bagaimana metode Socrates yang diterapkan pada pembelajaran matematika dapat mengembangkan kemampuan disposisi berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library research). Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang berupa hasil-hasil penelitian seperti buku-buku ilmiah, jurnal ilmiah, laporan penelitian, dan sumber lain yang relevan. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi tiga tahap yaitu organize, synthesize, dan identify. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Socrates dapat membantu mengembangkan kemampuan disposisi berpikir kritis siswa. Terlihat dari keenam jenis pertanyaan Socrates yaitu: (1) klarifikasi; (2) asumsi-asumsi penyelidikan; (3) alasan-alasan dan bukti penyelidikan; (4) titik padang dan persepsi; (5) implikasi dan konsekuensi penyelidikan; dan (6) pertanyaan tentang pertanyaan, yang dapat memunculkan indikator-indikator kemampuan disposisi berpikir kritis pada siswa ketika diterapkan dalam pembelajaran matematika.
Kata kunci: disposisi berpikir kritis, metode Socrates
Abstract
This study aims to explain how the Socrates method adopted in the study of mathematics can develop students’ critical thinking disposition skills. The method used in this research is literature study (library research). The data in this study is a secondary data such as the results of the research as scientific books, scientific journals, research reports, and other relevant sources. Data analysis techniques in the study include three stages, namely organize, synthesize, and identify. The research result showed that the Socrates method can develop students’ critical thinking disposition skills. Seen from sixth kind of Socrates questions namely: (1) clarification; (2) the assumptions of investigation; (3) the reasons and evidence investigation; (4) the field point and perception; (5) implication and consequences investigation; and (6) the question of questions, that can bring up the indicators of critical thinking disposition skills when applied in in the study of mathematics.
Keywords: critical thinking disposition, Socrates method
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 3504 timesPDF - 1871 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.4.2.2017.1-9
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401