IMPLEMENTASI GEOGEBRA DALAM HP ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN INTEGRAL KELAS XII IPA 7 SMA NEGERI 15 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sri Wigati(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Integral merupakan materi yang seringkali menjadi kesulitan bagi siswa dalam menyelesaiakan masalah terkait integral, terutama pada materi aplikasi integral dalam menentukan luas daerah dan volume benda putar. Untuk itu perlu adanya inovasi pembelajaran baru sehingga siswa dapat dengan mudah mempelajari integral. Salah satu caranya dengan menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan teknologi, yaitu dengan menggunakan software geogebra dalam handphone Android. Sehingga peneliti melakukan penelitian yang mengimplementasikan geogebra dalam android untuk meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan integral. Tujuan penelitian ini yaitu : (a) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang mengimplementasikan geogebra dalam Hp Android; (b) untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses siswa yang mengimplementasikan geogebra dalam Hp Android; (c) untuk mengetahui respon siswa yang mengimplementasikan geogebra dalam Hp Android. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 7 SMA Negeri 15 Semarang. Data yang diperoleh berupa hasil belajar, keterampilan proses dan respon siswa. Tehnik pengambilan data dengan cara test, observasi dan angket. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (a) terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 sebesar 73,72, siklus 2 sebesar 78,21 dan siklus 3 sebesar 84,27; (b) terdapat peningkatan keterampilan proses siswa siswa dari siklus 1 sebesar 74, siklus 2 sebesar 86, siklus 3 sebesar 96; (c) terdapat respon positif dari siswa dari siklus 1 sebesar 80, siklus 2 sebesar 88 dan siklus 3 sebesar 98.

Kata kunci: Geogebra, Android, Keterampilan Proses, Hasil Belajar, Integral

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 635 times
PDF - 146 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.4.2.2017.25-31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401