PENGARUH KECERDASAN MATEMATIS LOGIS MAHASISWA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DASAR MATEMATIKA & STATISTIKA FARMASI

An Nur Ami Widodo(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Kemampuan bernalar sangat dibutuhkan bagi siswa maupun mahasiswa dalam memahami materi atau konsep matematika dan statistika. Namun pada kenyataannya banyak mahasiswa yang sulit memahami materi atau konsep matematika dan statistika, sehingga hasil kurang maksimal. Rendahnya kemampuan penalaran dasar initerlihat pada kemampuan mahasiswa dalam mengumpulkan fakta,mengelola, menganalisis, menjelaskan, dan membuat kesimpulan penyelesaian soal. Pada matakuliah matematika dan statistika farmasi, kemampuan penalaran sangatdiperlukan karena karakteristik dari statistika yang penuh denganperhitungan, simbol, gambar, dan grafik. Sedangkan mahasiswa dengankecerdasan matematis logisyang tinggi memiliki kecenderunganpandai dalam memecahkan masalahdan memahami hal-hal yangbersifat abstrak. Disamping itu, sebagian besar materi matematika dan statistika bersifat abstrak dan beberapa soal berupa soal penerapansehingga kemampuan penalaran dasar sangat diperlukan oleh mahasiswa farmasi.

Penelitian ini merupakan penelitian penelitian asosiatif denganpendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti membahas pengaruhkecerdasan matematislogis terhadap kemampuan penalaran yang data-datanya dihitung secara kuantitatif. Sampel penelitian seluruh mahasiswa farmasi semester 1 yang terdiri dari 42 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara,observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakanadalah analisis regresi linier sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan matematis logis mahasiswa farmasi semester 1 tahun Ajaran 2017/2018 sebagian besar berada padakategori sedangdengan presentase sebesar 66,67% sedangkan tingkatkemampuan penalaran dasar sebagianbesar juga berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar73,81%. Berdasarkan analisis diperoleh simpulan bahwa kecerdasan logis matematis berpengaruh terhadap kemampuan penalaran dasar mahasiswa farmasi semester 1 Universitas Peradaban. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan  = 34,65009+0,399338X.Artinya, jika kecerdasanmatematis logis bernilai nol, maka kemampuan penalaran matematis sebesar poin, jika kecerdasan matematis logis naik sebesar 1 poin maka kemampuan dasar naiksebesar 0,399338 poin. Sedangkan dalam korelasi X dan Ydiperoleh rhitungsebesar 0,4431>r(0,05;42)0,297. Sedangkankoefisien determinasi yang diperoleh sebesar 19,67%. Dari datatersebut dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif dansignifikan antara kecerdasan matematis logis dan kemampuan penalaran dasar. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwakecerdasan matematis logis berpengaruh sebesar 19,67% terhadapkemampuan penalaran dasar mahasiswa farmasi semester 1 Universitas Peradaban sedangkan sisanya 80,33%dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata kunci : kecerdasan matematis logis, kemampuan penalaran


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 928 times
PDF - 333 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.5.1.2018.33-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401