PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI LANGKAH TEORI POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI SIDOREJO LOR 05 SALATIGA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas 5 SDN Sidorejo Lor 05 Salatiga melalui penerapan model Problem Based Learning terintegrasi langkah teori polya. JenisPenelitianTindakanKelas (PTK) berlangsungdalam 2 siklus.Subyekpenelitian adalah siswa kelas 5 sejumlah 39 siswa.Data dikumpulkan menggunakantes. Analisis data deskriptifkuantitatifdankualitatif. Indikator keberhasilan penelitian jika ketuntasan siswa mencapai 80%.Kondisiawalpresentaseketuntasan30,8% meningkat menjadi 69,2% pada siklus I dan 87,2% pada siklus II. Dapat disimpulkan hasil belajar siswa meningkat dengan penerapan model Prolem based learning terintegtasi langkah teori polya.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Teori Polya, Dan Hasil Belajar Matematika