IMPLEMENTASI PENERAPAN KURIKULUM KKNI PROGRAM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KOMPUTERISASI DITINJAU DARI FAKTOR USIA

Abdul Aziz(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pengimplementasian kurikulum KKNI pada program studi pendidikan matematika terhadap konsep dan keterampilan komputerisasi ditinjau dari faktor usia. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika di kota Semarang. Sampel diperoleh dengan cara stratified cluster random sampling. Instrumen untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar dan tes keterampilan komputer. Tehnik analisis data menggunakan MANOVA satu jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hipotesis, hasil dapat disimpulkan terdapat perbedaan di dalam penguasaan konsep dan tidak dapat perbedaan di dalam keterampilan komputerisasi.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 162 times
PDF - 31 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.4.1.2017.111-116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401