PENGARUH KETERAMPILAN PROSES TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PENERAPAN GEOGEBRA PADA HP ANDROID POKOK BAHASAN INTEGRAL KELAS XII-IPA 7 SMA NEGERI 15SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sri Wigati(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Keterampilan proses merupakan salah satu aspek penting dalam sistem penilaian hasil belajar. Namun permasalahan yang terjadi seringkali keterampilan proses siswa kurang dimunculkan dalam pembelajaran. Maka perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat melihat keterampilan proses siswa, salah satunya adalah dengan penerapan geogebra dalam hp android. Sehingga dengan bantuan geogebra dalam hp android dapat meningkatkan keterampilan proses siswa yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Jadi tujuan penenlitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh keterampilan proses terhadap hasil belajar dan mengetahui seberapa besar pengaruh keterampilan proses terhadap hasil belajar yang menerapkan geogebra dalam hp android pada prose pembelajaran di kelas materi integral. Penelitian ini didesain menggunakan rancangan desain One-Shot Case Study. Dalam desain ini hanya terdapat suatu kelompok yang diberi perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XII SMA Negeri 15 Semarang. Dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purpossive Sampling, diperoleh sampel siswa kelas XII 7. Variabel yang digunakan adalah keterampilan proses sebagai variabel bebas dengan teknik pengabilan data observasi dan hasil belajar sebagai variabel terikat dengan teknik pengambilan data tes. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan proses terhadap hasil belajar dengan besar pengaruhnya adalah 61% dalam proses pembelajaran yang menerapkan geogebra dalam hp android pada materi integral.

 

Kata kunci:Keterampilan Proses, Hasil Belajar, Geogebra, Android

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 437 times
PDF - 58 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.5.1.2018.88-94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401