PEMANFAATAN MEDIA BENDA KONGKRIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN OPERASI HITUNG MATEMATIKA SISWA KELAS I SEMESTER 2 SDN1 BANYUTOWO KECAMATAN KENDAL KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Iswahyudi Joko Suprayitno(1*), eko wahyu hidayati(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Dari hasil ulangan mata pelajaran Matematika bab Penaksiaran di kelas 1 pada SDN 1 Banyutowo diperoleh data dari 33 siswa yang mencapai KKM 67 yaitu  sebanyak  15 siswa dan siswa yang mendapat nilai dibawah KKM sebanyak 18 siswa. Berdasarkan hasil belajar tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pemanfaatan  media benda kongkrit dapat meningkatkan hasil belajar tentang penjumlahan dan pengurangan hitung matematika siswa kelas I semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 SDN 1 Banyutowo kecamatan Kendal kabupaten Kendal dan bagaimanakah perubahan sikap siswa setelah menggunakan media benda kongkrit Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD N 1 Banyutowo  yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode observasi. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar  matematika, metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data prestasi belajar dan analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas dan prosentase ketuntasan, pra siklus 32%, siklus I  64%, dan siklus  92%.Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media pipa plastik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan proses pembelajarannya.

 

Kata kunci: Media benda kongkrit, Hasil belajar, dan Matematika

 

 

 

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 481 times
PDF - 97 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.2.1.2015.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401