MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRIT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI MEMBANDINGKAN BERAT BENDA KELAS I SEMESTER II SD NEGERI 2 TOSARI KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Iswahyudi Joko Suprayitno(1*), Istiqomah ,(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Pendidikan Matematika ditujukan untuk sarana bagi peserta didik untuk mempelajari sendiri, untuk pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam upaya untuk meningkatkan kwalitas pembelajaran Matematika, guru harus menggunakan metode yang tepat dan media yang konkrit agar peserta didik lebih mudah untuk memahami materi Matematika. Di SDN 2 Tosari Kec.Brangsong Kab.Kendal dari 21 siswa yang memperoleh nilai tuntas 5 siswa atau 24 % saja dari KKM yaitu 75. Untuk meningkatkan penguasaan materi siswa, maka perlu dilakukan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode CTL dengan media benda konkrit. Maka proses pembelajaran Matematika pada Topik “ Membandingkan Berat Benda (Berat,Ringan) menggunakan metode CTL dengan Benda Konkrit ” dapat dinyatakan berhsil. Indikasi bahwa pembelajaran sebelum diadakan perbaikan siswa yang tuntas hanya 24 % saja, Siklus I siswa tuntas menjadi 49 %, pada Siklus II siswa yang tuntas mencapai 100 %. Dari fakta penelitian ini penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa “ Dengan Metode CTL dengan Benda Konkrit dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I Semester II SDN 2 Tosari Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2014/2015”

 

Kata Kunci : Matematika, Metode CTL, Benda Konkrit

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 452 times
PDF - 124 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.1.2.2014.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401