MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG PERKALIAN BILANGAN DUA ANGKA MELALUI METODE JARIMATIKA PADA SISWA KELAS II SDN 2 PUGUH KECAMATAN PEGANDON KABUPATEN KENDAL

Iswahyudi Joko Suprayitno(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

 

Proses belajar mengajar harus menggunakan metode yang tepat supaya mencapai tingkat keberhasilan yang maksimal. Metode Jarimatika adalah suatu cara  menghitung  matematika  dengan  menggunakan  alat  bantu  jari.  Melalui metode Jarimatika, interaktif dapat meningkatkan Motivasi belajar siswa. Dengan asumsi bahwa, semakin tepat dalam pemilihan metode semakin meningkat Motivasi belajar siswa. Metode Jarimatika mengandung tahap pengajuan pertanyaan atau permasalahan,   tahap   pemusatan   pada   keterkaitan   antara   disiplin,   tahap penyelidikan  otentik,  tahap  kerjasama,  tahap  produksi  karya  dan  peragaan. Melihat  tahapan  dalam  metode  pembelajaran  Jarimatika  yang  mengupayakan peran aktif dalam proses pembelajaran diharapkan dapat memotivasi siswa khususnya dalam berhitung Jarimatika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada setiap siklusnya yaitu pra siklus siswa hanya memperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 61. Siklus I mengalami peningkatan menjadi 76 dan siklus II mengalamai peningkatan lagi menjadi 84. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan  menerapkan  metode  Jarimatika  dapat  meningkatkan  motivasi  belajar siswa kelas II di SDN 2 Puguh Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal.

 

Kata Kunci: Perkalian, Jarimatika, dan Prestasi

 

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 318 times
PDF - 41 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.1.1.2014.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401