MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG PERKALIAN BILANGAN DUA ANGKA MELALUI METODE JARIMATIKA PADA SISWA KELAS II SDN 2 PUGUH KECAMATAN PEGANDON KABUPATEN KENDAL
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Proses belajar mengajar harus menggunakan metode yang tepat supaya mencapai tingkat keberhasilan yang maksimal. Metode Jarimatika adalah suatu cara menghitung matematika dengan menggunakan alat bantu jari. Melalui metode Jarimatika, interaktif dapat meningkatkan Motivasi belajar siswa. Dengan asumsi bahwa, semakin tepat dalam pemilihan metode semakin meningkat Motivasi belajar siswa. Metode Jarimatika mengandung tahap pengajuan pertanyaan atau permasalahan, tahap pemusatan pada keterkaitan antara disiplin, tahap penyelidikan otentik, tahap kerjasama, tahap produksi karya dan peragaan. Melihat tahapan dalam metode pembelajaran Jarimatika yang mengupayakan peran aktif dalam proses pembelajaran diharapkan dapat memotivasi siswa khususnya dalam berhitung Jarimatika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada setiap siklusnya yaitu pra siklus siswa hanya memperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 61. Siklus I mengalami peningkatan menjadi 76 dan siklus II mengalamai peningkatan lagi menjadi 84. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode Jarimatika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II di SDN 2 Puguh Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal.
Kata Kunci: Perkalian, Jarimatika, dan Prestasi
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 318 timesPDF - 41 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.1.1.2014.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401