PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SEMESTER II MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BERAT BENDAPADA SDN 2 TRAYU KECAMATAN SINGOROJO KENDAL TAHUN AJARAN 2013/2014

Iswahyudi Joko Suprayitno(1*), Kasiyati Windiar Suherny(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

                 Mempelajari matematika bagi beberapa siswa masih dianggap sebagai mata pelajaran yang dianggap sulit. Lebih-lebih kelas rendah, perlu meletakkan dasar yang benar dan jangan sampai salah langkah. Tujuan penelitian dilakukan dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I semester II pada mata pelajaran matematika,materi tentang berat benda melalui penerapan metode Demostrasi dengan alat peraga timbangan bambu. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilaksanakan berdasarkan analisis hasil belajar siswa pada prasiklus yang belum mencapai KKM sebesar 70. Karena pada prasiklus hanya menggunakan metode caramah  dan tidak menggunakan peraga. Pembelajaran siklus I dan siklus II dilaksanakan berdasarkan hasil refleksi pelaksanaan pembelajaran sebelumnya dengan menggunakan metode demonstrasi dengan alat peraga timbangan bambu. Dari hasil penelitian diperoleh dari  tes formatif tiap tiap siklus dan dianalisa secara komparatif. Penelitian yang dilakukan menunjukan hasil yang sangat memuaskan terbukti dari hasil belajar prasiklus,siswa yang mencapai nilai KKM  sebanyak 9 anak atau 34,61 % , kemudian pada siklus I naik menjadi 16 anak atau 62 % dan pada siklus II mencapai 24 anak atau 92 %. Dari data tesebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metote demonstrasi dan penggunaan peraga timbangan bambu dapat meningkatkan hasil belajar siswa

 

Kata kunci : Matematika, Metode Demonstrasi, dan Alat Peraga

 

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 221 times
PDF - 73 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.1.2.2014.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401