Perlukah Microteaching?-Representasi Kompetensi Profesional Mahasiswa Calon Guru Menggunakan Dokumen CoRe dan PaP-eR
(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secara deskriptif kompetensi profesional mahasiswa calon guru matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Informasi dikumpulkan dengan: (1) wawancara, (2) dokumentasi, dan (3) observasi. Penetapan sumber informasi dimulai dari informan kunci dan dilanjutkan dengan informan lain secara snowball. Data yang terkumpul dianalisis dengan: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional mahasiswa calon guru berada pada kategori sedang. Dari hasil penelitian ini, saran-saran yang ajukan diantaranya: (1) perlunya perbaikan sistem microteaching di UNIMUS terutama pada raw dan instrumental input (2) untuk meningkatkan keterampilan profesional mahasiswa calon guru maka diperlukan adanya kegiatan microteaching bersiklus yang disesuaikan dengan alokasi waktu real di sekolah mitra.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 377 timesPDF - 92 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.5.2.2018.92-100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401