UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEER TUTORING MTs MUHAMMADIYAH 22 PADANGSIDIMPUAN

Piki Fatwani Nasution(1*), Benny Sofyan Samosir(2), Masdelima Azizah Sormin(3)


(1) Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


The problem in this study is the students' low self-confidence. To increase students' self-confidence in mathematics lessons on set material with peer tutoring strategies. The results of students' mathematics tests using the Peer Tutoring strategy in class VII A MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan were proven by the results of the mathematics test of students in cycle I obtained an average of 51.42% and in cycle II 82.85% the average increase from cycle I to cycle II was 31.43%. Based on observations of teacher performance, there was an increase in the cycle where I obtained an average value of 58.50%, cycle II obtained an average value of 88.00%, an average increase of 29.50%. Based on observations, teacher activity also increased where the first cycle obtained an average of 64.55% and the second cycle was 81.55% and an increase in the average value of 17.00%. Based on the research results, it can be denied that using the Peer Tutoring strategy can increase student self-confidence and teacher performance in class VII A MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan.

Keywords


Confidence, Peer Tutoring Strategy, Himpunan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Aristiani, Rina. 2016. ” Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual”. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 2 No. 2 (Juli-Desember 2016). Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Muria Kudus.

Aulia Mukrimatin, Nor dkk. 2018. “Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan.” Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1 No.1, April 2018

Bagiyono. 2017. “Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1”. Widyanuklida. Vol 16 No 1 November 2017: 1-12.

Dina F, dkk. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA pada Sub Pokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Segitiga dan Segiempat di SMP Negeri 1 Ajung Semester Genap TA 2012/2013”.

Fakhrurrazi. 2018. “Hakikat Pembelajaran Yang Efektif.” Pendidikan Agama Islam IAIN Langsa, Jurnal At-Tafkir Vol. XI No. 1 Juni 2018

Mastrianto, Agus dkk. 2017. “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah siswa Kelas XII IPS1 SMA Negeri 17 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017”.

Mukti, Chaya Karina. 2016. “Penerapan Rasa Percaya Diri Dan Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Bagun Ruang Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantukan Adobe Flash Di Kelas V Sekolah Dasar”. Skripsi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Puspitasari, Yuliana DKK. 2019. ” Studi Kasus Tentang Metode Tutor Sebaya Terhadap Prestasi Belajar”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 3, Number 2, Tahun 2019. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang.

Rachmadhani, Indriyani Dhian dan Ardat. 2019. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Learning Dengan Teknik Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 20 Medan.” AXIOM: Vol. VIII, No. 1, Januari – Juni 2019. Pendidikan Matematika FITK UIN-SU.

Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media 3.

Syam, Asrullah dan Amri. 2017. “Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare).” Jurnal Universitas Muhammadiyah Parepare, Kampus II.

Taniredja, Tukiran. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko dkk. 2015. Teknik Penyusunan Instrument Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wijaya. 2012. Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yoyakarta: Graha Ilmu.


Article Metrics

Abstract view : 332 times
PDF - 63 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.8.1.2021.25-31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401