ANALISIS PENYEBAB PROKRASTINASI AKADEMIK MATEMATIKA SISWA SMA SEDERAJAT SAAT PEMBELAJARAN DARING

Aninda Aulia Rahayu(1*), Fina Hanifa Hidayati(2)


(1) UIN Sunan Kalijaga
(2) UIN Sunan Kalijaga
(*) Corresponding Author

Abstract


Covid-19 has made learning activities that are usually held at school replaced at home by using an internet connection. Complaints from students during learning at home are a lot of tasks and because learning activities held at home making students sometimes like to delay doing tasks. The purpose of this study was to determine the causes of mathematics academic procrastination during home learning by high school students. Data retrieval was carried out by distributing questions containing short questions with 22 students as respondents. result of the research is the cause of student procrastinating are how the teacher teaches, smartphone, and other external factors such as home condition and internet connections.

Keywords


Prokrastinasi Akademik; Matematika; Daring; Pandemi

Full Text:

PDF

References


Rojil Gufron (2014). Hubungan Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa IPA MAN 1 Kota Malang. Skripsi,tidak dipublikasikan. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Wiji Lestari (2021). Pemanfaatan Whats App sebagai Media Pembelajaran dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 di Kelas VI Sekolah Dasar. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Universitas Jambi.

Aris Muhammad Saifullah (2014). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Limit pada Peserta Didik Kelas XI Semester 2 Di Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Bugel Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Tidak dipublikasikan. IAIN Walisongo.

Rozental, A. (2014). Understanding and Treating Procrastination: A Review of a Common Self Regulatory Failure. Scientific Research,5,1488-1502.

Cempaka, R. S., Sari, N.H., dan Syaiffudin A. 2018. Kreativitas Belajar Matematika Siswa Pada Materi Geometri Transformasi Berbasis Batik Pekalongan. Prosiding Sendika, 4(1), 314-323.

Yuniarti, S., Setyowani, N., dan Sunawan. (2018). Minat dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mata Pelajaran Matematika. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(4), 31-38.

Amalia, N. dan Sa’adah, N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13(2), 214-225

Kholil, M. dan Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151-168.

Harahap, D. H. dan Syarifah R. (2015). Studi Kasus Kesulitan Belajar Matematika pada Remaja. Jurnal Psikologi, 11, 20-30.

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khawarizmi Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.

Masada, C. dan Dachmiati, S. (2016). Faktor Pemengaruh Perilaku Siswa dan Mahasiswa Menyontek. Sosio E-Kons, 8(3), 227-233.

Laka, B.M. (2018). Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Perilaku Belajar Peserta Didik di SMA Yayasan SUB Byaki Fyadi Kabupaten Biak Numfor. Jurnal Pedagigika dan Dinamika Pendidikan, 6(2), 58-78.

Atsani, L.G.M.Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pad Masa Pandemi Covid-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.

Nugroho, R. S. (2021). Peneliti WHO Ungkap Asal Usul Virus Corona hingga Cara Penyebarannya. Diakses tanggal 19 Juni 2021 dari https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/20/160000165/peneliti-who-ungkap-asal-usul-virus-corona-hingga-cara-penyebarannya?page=all

Katyusha, W. (2020). 5 Cara Menghadapi Anak yang Suka Menunda Mengerjakan Tugas. Diakses tanggal 19 Juni 2021 dari https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/menghadapi-anak-yang-menunda-pekerjaan/

Mariyanti, S.(2012). PROKRASTINASI (Kebiasaan Menunda Tugas/Pekerjaan). Diakses tanggal 17 Juni 2021 dari https://esaunggul.ac.id/prokrastinasi-kebiasan-menunda-tugaspekerjaan/

Syfnidawati. (2020). Penelitian Kualitatif. Diakses tanggal 21 Juni 2021 dari https://raharja.ac.id/2020/10/29/penelitian-kualitatif/

Harnani, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Diakses tanggal 23 Juni 2021 dari https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19

Nilakandi, Z. (2020). Pengertian Google Classroom Beserta Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya. Diakses tanggal 30 Juni 2021 dari https://www.nesabamedia.com/pengertian-google-classroom/

Welianto, A. (2020) . Tiga Alasan Suka Menunda Pekerjaan, Jawaban Soal TVRI SMP 10 Juni. Diakses tanggal 30 Juni 2021 dari https://www.kompas.com/skola/read/2020/06/10/073000369/tiga-alasan-suka-menunda-pekerjaan-jawaban-soal-tvri-smp-10-juni?page=all


Article Metrics

Abstract view : 648 times
PDF - 114 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.8.2.2021.30-37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401