UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI ADVERSITY QUOTIENT DI SMP NEGERI 1 SAYURMATINGGI
(1) Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Masalah dalam penelitian rendahnya minat, aktivitas belajar mateatika siswa dan kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat, aktivitas belajar matematika siswa dan kinerja guru dengan menggunakan strategi Adversity Quotient pada pokok bahasan Bangun Ruang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 4 SMP Negeri 1 Sayurmatinggi yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Instrumen penelitian adalah tes dan lembar observasi. Deskripsi nilai hasil tes belajar matematika sebelum menggunakan strategi Adversity Quotient masih belum memenuhi kriteria tuntan minimum (KKM) yaitu 75% mempunyai nilai rata-rata 69,24%. Hasil Penelitian setelah menggunakan strategi Adversity Quotient yaitu dilihat hasil angket minat belajar matematika siswa siklus I dengan rata-rata sebesar 60,24% sedangkan rata-rata siklus II sebesar 81,78%. Dilihat hasil tes belajar matematika siklus I dengan persentase ketuntasan 61,90% sedangkan siklus II persentase ketuntasan sebesar 85,71%. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I rata-rata sebesar 73,15% sedangkan rata-rata siklus II sebesar 87,38%.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan strategi Adversity Quotient dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa di SMP Negeri 1 Sayurmatinggi pada pokok bahasan bangun ruang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Allantara Dedi Rio. 2017. “Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 5 Talang Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017”. FKIP Universitas Lampung.
Bagiyono. 2017. “Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1.” Widyanuklida. Vol 16 No 1 November 2017: 1-12.
Hamidah Nunung. 2017. “Analisi Minat Belajar Siswa SMA kelas XI Pada Materi Matriks”. Jurnal On Education (Vol: 1 No: 2 Tahun 2017).
Hidayat Wahyu, Sariningsi Rata. 2018. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended”. Jurnal JNPM (Vol: 2 No: 1 Tahun 2018).
Krisnahari Yogi Michael. 2017. “Hubungan Adversity Quotient Dengan Orientasi Masa Depan Remaja Di Panti Asuhan”. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Masfingatin Titin. 2016. “Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient”. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Mawaddah Siti, Maryanti Ratih. 2016. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning)”. Jurnal Pendidikan Matematika (Vol: 4 No: 1 Tahun 2016).
Nugroho Arif Aji, dkk. 2017. “Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika (Vol: 8 No: 2 Tahun 2017).
Nurhasana Siti, Sobandi A. 2016. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (Vol: 1 No: 1 Tahun 2016).
Article Metrics
Abstract view : 286 timesPDF - 104 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.9.1.2022.23-28
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401