Pengembangan LKS Berbasis Etnomatematika Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
(1) Tidar University
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anisah, A., & Lastuti, S. (2018). Pengembangan bahan ajar berbasis HOTS untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 191-197.
Charles, R. & O’Daffer, P. (1997). How to evaluate progress in problem solving. NCTM. Reston: VA.
Dahlia, B., Tandililing, E., & Suratman, D. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan pendekatan saintifik dan pendekatan CTL. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(9), 1-14.
Di Felice, P. (2018). Teaching geographical databases at the engineering master level: Learner-centred approach vs. teacher-centred approach. European Journal of Engineering Education, 43(5), 757-770.
Hadromi, Sudarman, Yudiono, H., Budiman, F. A., Majid, M. N., & Permana, K. N. C. (2021). The learning strategy based on scientific approach to strengthen the employability skill of teacher candidates. International Journal of Instruction, 14(2), 551-570.
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa SMP melalui pembelajaran open ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.
Imswatama, A dan Lukman, H.S. (2018). Penerapan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Prosiding Senamku yang diselenggarakan oleh FKIP UHAMKA tanggal 5 Desember 2018. Jakarta: UHAMKA.
In'am, A., & Hajar, S. (2017). Learning geometry through discovery learning using a scientific approach. International Journal of Instruction, 10(1), 55-70.
Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Kontribusi etnomatematika dalam pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 255-262.
Kurnia, K., Dedyerianto, D., Inah, E. N., & Patih, T. (2020). Hubungan minat belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Buton Tengah. Kulidawa, 1(1), 51-55.
Pamungkas, D., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan media komik dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika SD. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1405-1413.
Pamungkas, M. D. dan Masduki. (2013). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas belajar matematika dengan pemanfaatan Software Core Math Tools. Seminar Nasional Pendidikan Matematika yang diselenggarakan oleh UMS pada 15 Mei 2015. Surakarta: UMS.
Sinamo, R.M.S, Siregar, T.M. (2019). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran scientific berbantuan software geogebra pada materi segiempat SMP Cerdas Murni Tembung. Karismatika: Kumpulan Artikel Ilmiah, Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi, 5(1), 14-25.
Sugiyono, (2018). Metode penelitian kuantitatif, Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R. (2018). Statistika penelitian pendidikan. Bandung: Alfabet.
Wiska, A., Tanjung, H. S., Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis masalah terintegrasi etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI SMA. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 9-20.
Zakiyah, S., Hidayat, W., & Setiawan, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan respon peralihan matematik dari SMP ke SMA pada materi SPLTV. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 227-238.
Article Metrics
Abstract view : 549 timesPDF - 196 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.9.1.2022.78-84
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401