KETERLIBATAN TUTOR DALAM PENINGKATAN ANGKA PARTISIPASI KASAR (APK) MAHASISWA (STUDI DI UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ SEMARANG)

Hascaryo Pramudibyanto(1*), Sri Weningsih(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract



APK pendidikan tinggi masih lebih rendah jika dibandingkan pendidikan usia dini, SD, SMP, maupun
SMA meskipun trend menunjukkan peningkatan. Fenomena ini menjadi penting mengingat pendidikan yang
tinggi adalah salah satu faktor terpenting untuk menghasilkan individu yang mamiliki produktivitas tinggi.
Peningkatan APK pendidikan tinggi khususnya pada mahasiswa UT tidak dapat dilepaskan dari peran tutor.
Studi ini, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif bertujuan untuk menguraikan keterlibatan
tutor dalam meningkatkan APK mahasiswa UT. Hasilnya menunjukkan bahwa tutor memiliki peran dalam
meningkatkan APK mahasiswa UT yang ditunjukkan dari kesediaan tutor untuk dengan senang hati terlibat
dalam peningkatan APK mahasiswa UT, kesediaan tutor untuk terlibat dalam pencapaian mahasiswa baru,
kesediaan tutor untuk melakukan sosialisasi, serta reward atas ketercapaian peningkatan APK mahasiswa UT.



Keywords


Angka Partisipasi Kasar, peningkatan, sosialisasi, keterlibatan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 60 times
PDF - 3 times

DOI: https://doi.org/10.26714/mki.v8i3.5173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

MAKSIMUM: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang 
ISSN 2087-2836 (print) | ISSN 2580-9482 (online)
Organized by Department of Accounting, Faculty of Economics, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang, Indonesia
Published by Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang
W : https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/MAX
E : maksimum@unimus.ac.id, nurcahyo@unimus.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.