PERAN PENGGUNAAN ANGGARAN DALAM PERUSAHAAN YANG MENGALAMI PERUBAHAN STRATEGIS

Andwiani Sinarasri(1*)


(1) Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Organisasi yang berada dalam ketidakpastian lingkungan yang tinggi mendorong mereka untuk lebih ekstensif menggunakan sistem pengendalian strategik yang bertujuan untuk mempertahankan integrasi strategi. Simons (1987) menggambarkan bahwa interactive controls digunakan karena adanya ketidakpastian strategi dan mendukung manajemen untuk mengawasi timbulnya ancaman dan kesempatan.

Sistem pengendalian akuntansi manajemen (termasuk proses penganggaran) memfasilitasi adaptasi terhadap faktor eksternalitas dengan cara memediasi antara ancaman dan kesempatan eksternal dengan organizational functioning (strategi atau struktur). Oleh karena itu, perusahaan diharapkan secara proaktif memformulasikan, merumuskan dan menyesuaikan strategi pasar sesuai dengan kondisi lingkungan (ancaman dan kesempatan). Hal ini diperkuat oleh Porter (1980) yang berpendapat bahwa perusahaan harus menyelaraskan strategi bisnis dengan kondisi lingkungan.

Anggaran merupakan karakteristik utama sistem pengendalian akuntansi manajemen yang digunakan oleh manajemen sebagai sarana pengkoordiniran dan penyampaian prioritas-prioritas strategis, dan bersama-sama dengan sistem penghargaan, seringkali digunakan untuk memperkuat komitmen manajemen tingkat bawah terhadap prioritas-prioritas tersebut.

Kata Kunci : Anggaran, perubahan strategi, kinerja perusahaan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 428 times
PDF - 74 times

DOI: https://doi.org/10.26714/mki.1.1.2010.47-58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

MAKSIMUM: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang 
ISSN 2087-2836 (print) | ISSN 2580-9482 (online)
Organized by Department of Accounting, Faculty of Economic and Business, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang, Indonesia
Published by Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang
W : https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/MAX
E : [email protected], [email protected]

Maksimum: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.