Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Struktur Modal Terhadap Earnings Response Coefficient

Rolia Wahasusmiah(1*), Poppy Indriani(2)


(1) Universitas Bina Darma
(2) Universitas Bina Darma
(*) Corresponding Author

Abstract


This research is meant to examine the influence of Profitability, size, and Capital Structure on the earning response coefficient by taking the population of this research, manufacturing companies listed in Indonesia StockExchange in 2017-2019. The research samples have been selected using a purposive sampling technique, so 34 companies (102 firm years) which have met the criteria have been chosen as samples. The data analysis technique has been done using multiple regressions and hypothesis tests using the SPSS25st version. Based on the result of multiple regressions analysis with 5%significancelevel, therefore the result of this research shows that: (1) Profitability has an influence on the earning response coefficient with the value of the regression showing positive and unidirectional correlation so that the first hypothesis is accepted; (2) Firm size has an influence to the earning response coefficient and shows positive unidirectional correlation, so that second hypothesis is accepted; (3) Capital Structure has an influence to the earning response coefficient, and the regression value shows positive and unidirectional correlation so that the third hypothesis is accepted.

Keywords


Profitability, Firm Zise, capital structure, Earning ResponseCoef icient.

Full Text:

PDF

References


Adity Bagus Saputra. 2018. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Struktus Modal Terhadap Earnings Response Coefficient. Surabaya: STIE Perbanas Surabaya.

Amin Cahyowati dan Hj. Maslichah. 2018. Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Earnings Response Coefficient. (Pada Bank yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Malang: Universitas Islam Malang.

Apriliana, Fitri. 2014. analisis pengaruh ukuran, pertumbuhan, dan profitabilitas perusahaan terhadap koefisien respon laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009-2011). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Cheng F & Nasir. 2010. Earning Response Coefficients And The Financial Risks Of China Commercial Banks. International Review of Business Research Papers Vol. 6. N .3. August . pp.178 – 188.

Diah, Mulianti. 2017. Analisis Pengaruh ukuran perusahaan, Profitabilitas, Timeliness, Dan struktur modal terhadap Earnings response coefficient pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014.

Dyah Kristanti, Katarina. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Earnings Response Coefficient (ERC) Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Artikel Ilmiah. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PERBANAS. Surabaya.

Eko Adhy Kurnianto. 2011. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan. (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005 - 2008). Semarang: Universitas Diponegoro.

Evia, Z., Santoso, R. E. W., & Nurcahyono, N. (2022). Pengalaman Kerja, Independensi, Integritas, Kompetensi dan Pengaruhnya terhadap Kualitas Audit. Jurnal Akuntansi dan Governance, 2(2), 141-149.

Gunawan Santoso. 2015. Determinan Koefisien Respon Laba. Jurnal Parsimonia. Vol 2. No 2. Pp 69-85

Irmala Sari. 2010. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perbankan Nasional. Semarang: Universitas Diponerogo

Jumingan. 2006. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Made Vina Christina Dewi dan Sri Rahayu. 2018. Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan Persistensi Laba Terhadap Earnings Response Coefficient ( Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industry di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016). Universitas Telkom.

Murwaningsari, Etty. 2009. Hubungan Corporate Governance, Corporate Social Responsibilities dan Corporate Financial Performance Dalam Satu Continuum. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, Vol. 11, No. 1. Universitas Petra Christian. Surabaya.

Naimah, Zahroh dan Siddharta Utama. 2006. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan, Dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Koefisien Respon Laba Dan Koefisien Respon Nilai Buku Ekuitas: Studi Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi IX, Ikatan Akuntan Indonesia, K-AKPM 12.

Nofianti, Nana. 2014. Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Koefisien Respon Laba. Jurnal Etikonomi Vol. 13 No. 2.

Rahmat Arif. 2016. Pengaruh Struktur Modal, Resiko Sistematis, Kesempatan Bertumbuh dan Ukuran Perusahaan terhadap Earnings Response Coefficient (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Padang: Universitas Negeri Padang.

Rani Yunita Sari. 2018. Pengaruh profitabilitas, Risiko sistematis, Laverage, Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), terhadap Earnings Response Coef ficient (ERC) (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017).

Scott, William. 2012. Financial Accounting Theory. Toronto: Prentice Hall.

Sherla Sherdia Herdininandasari. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Voluntary Disclousure Terhadap Earnings Response Coefficient. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA) Vol.5 No. 11. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya.

Ulistia Nigsih, Angraeni. 2017. Pengaruh Good Corporate Governance, Konsevartisme dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba. (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2016). Semarang: Universitas Negeri Semarang. Bursa Efek Indonesia https://www.idx.co.id.

Videsia, Y., Agung, R. E. W., & Nurcahyono, N. (2022). Pengaruh Profitabilitas Dan Opini Audit Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. Review of Applied Accounting Research (RAAR), 2(1), 1-13.

Wulandari, K., & Wirajaya, I. (2014). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT. E-Jurnal Akuntansi, 6(3), 355-369. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/8330


Article Metrics

Abstract view : 631 times
PDF - 5 times

DOI: https://doi.org/10.26714/mki.12.2.2022.87-96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

MAKSIMUM: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang 
ISSN 2087-2836 (print) | ISSN 2580-9482 (online)
Organized by Department of Accounting, Faculty of Economic and Business, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang, Indonesia
Published by Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang
W : https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/MAX
E : [email protected], [email protected]

Maksimum: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.