Aplikasi Pemesanan Taksi Berbasis Android Menggunakan Formula Haversine

Amhar Davi Dewantara(1*)


(1) Politeknik Negeri Ujung Pandang
(*) Corresponding Author

Abstract


Taksi merupakan sebuah alat transportasi yang dibutuhkan oleh masyarakat yang ingin menuju ke lokasi tertentu, tanpa harus mengikuti rute seperti angkutan umum. Keamanan dalam menggunakan jasa angkutan taksi merupakan hal yang sangat penting bagi pelanggan, sehingga pelanggan merasa nyaman untuk menggunakan jasa taksi. Permasalahan saat ini adalah proses pemesanan taksi pada Mitra taksi yaitu dengan menggunakan layanan line telepon. Hal ini kurang efektif karena penumpang tidak mengetahui status pesanannya sudah di proses atau belum dan penumpang juga tidak tahu mengenai nama sopir dan nomor taksi yang menjemput. Alternatif pemecahan masalah adalah adanya perancangan sebuah aplikasi pemesanan taksi pada Mitra Taksi dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, MySql sebagai tempat penyimpanan database dan Json Parsing dalam proses transfer data dari database ke aplikasi android. Metode yang digunakan yaitu menggunakan rumus haversine untuk menghitung jarak dua titik koordinat yang digunakan dengan mencari data data lokasi penumpang. Hasil yang diperoleh berupa aplikasi yang memudahkan penumpang dalam melakukan pemesanan taksi secara online berbasis android dan juga memudahkan pihak Mitra taksi dalam menemukan lokasi penumpang. Simpulan dari penelitian ini bahwa aplikasi yang dibuat dapat melakukan pemesanan taksi, menentukan lokasi penjemputan, menampilkan lokasi penumpang pada peta google maps, menampilkan jalur rute dan berdasarkan hasil pengujian tes faktor yang diberikan dinyatakan bahwa aplikasi sudah sesuai dengan fungsinya.


Keywords


pesan taksi, google maps, android

Full Text:

PDF PDF

References


Rifaldi Kadunci & Sulistyowati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Online Gojek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa/I Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta”, Epigram, Vol. 13 No. 2, h. 122, 2016.

Yulianto, W., “Menentukan Jarak Terdekat Hotel dengan Motode Haversine Formula”, Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2015.

Rahmadhian, Y. Ariyanto, and D. A. Irawati, “Aplikasi Pemesanan Ojek Online Berbasis Android Menggunakan Metode Dijkstra”, JIP, Vol. 3, No. 1, p. 60, 2016.

Theresya Angeils Sol Uf, “Aplikasi Pemesanan Taksi Gogo Kota Kupang Berbasis Android”, Tugas Akhir, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, 2019.

Iskandar, Alfred Yulius & Rizky Purnomo, “Penerapan Aplikasi Pemesanan Taxi Antar Kota Berbasis Android Pada Acha Taxi”, Jurnal Inteksis Vol 9 No. 2 Hal 1-10, 2020.

Sugiarti, Yuni, “Analisis dan Perancangan UML (Unifeld Modeling Language) Generated VB6 Disertai Contoh Studi Kasus dan Interface Web”, Graha Ilmu.Yogyakarta, 2013.


Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF - 10 times PDF - 14 times

DOI: https://doi.org/10.26714/me.v16i01.12292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 MEDIA ELEKTRIKA



Editorial Office of Media Elektrika


Universitas Muhammadiyah Semarang FT-FMIPA Building, 7nd Floor. 
Department of Electrical Engineering
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Kota Semarang, Prov. Jawa Tengah, Indonesia 50273

Phone: 085299398663
Email: mediaelektrika@unimus.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.