Optimasi AVR Pada Generator Sinkron Menggunakan Metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS)

Abdul Muis Prasetia(1), Linda Sartika(2), Abdul Saad(3*)


(1) Universitas Borneo Tarakan
(2) Universitas Borneo Tarakan
(3) Universitas Borneo Tarakan
(*) Corresponding Author

Abstract


Generator sinkron merupakan mesin-mesin listrik yang berfungsi untuk mengkonversi energi mekanik menjadi energi listrik. Sinkron generator mempunyai permasalahan yaitu ketidakstabilan tegangan pada perubahan saat beban, sehingga peralatan yang dibuthkan dapat mengendalikan stabilitas tegangan sinkron generator yaitu Automatic Voltage Regulator (AVR). AVR merupakan divais pengatur tegangan yang digunakan pada generator sinkron untuk menstabilkan tegangan keluaran yang dihasilkan dari generator sinkron. AVR bekerja dengan mengatur arus penguatan (excitacy) pada eksiter, apabila beban bertambah maka AVR akan memerintahkan eksiter untuk berkerja dengan menambah arus eksitasi sebaliknya apabila beban berkurang maka AVR akan memerintahkan eksiter untuk mengurangi arus eksitasi.Pada tugas akhir ini, untuk pengoptimalan tegangan generator sinkron agar konstan maka digunakan metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS). Adapun Traning data yang di gunakan, diproleh oleh Fuzzy Logic Control (FLC) pada penelitian sebelumnya mendesain sebagai acuan dalam pelatihan FIS menggunakan algoritma ANFIS. Kendali ANFIS bekerja dengan baik berdasarkan respon transien tegangan generator yang mengalami perubahan beban. Adapun hasil respon yang lebih baik dengan steady state 220,067 volt, relative optimal, settling time 6,65 s, overshoot 0,35% di bandingkan dengan kendali FLC pada penelitian sebelumnya diproleh respon dengan steady state 220,2 volt, settling time 7,75 s, dan overshoot 0,33%.Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa kendali ANFIS sangat sesuai di gunakan dalam pengoptimalan tegangan generator sinkron tiga fasa.

Keywords


Automatic Voltage Regulator (AVR); Three-phase synchronous generator; Adaptive neuro-fuzzy inference system (ANFIS)

Full Text:

PDF

References


Nurdin, A., Azis, A., & Rozal, R. A. (2018). Peranan Automatic Voltage Regulator Sebagai Pengendali Tegangan Generator Sinkron. Jurnal Ampere, 3(1), 163-176. eISSN: 2622-2981.

Wilopo, Endriyanto Nursukmadi, Tedjo Sukmadi, and Trias Andromeda. (2011) Perencanaan Optimal Sistem Kontrol AVR (Automatic Voltage Regulator) Untuk Memperbaiki Kestabilan Tegangan Dengan Menggunakan Algoritma Genetik. Diss. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

Pramudijanto Defit, S. (2013). Perkiraan Beban Listrik Jangka Pendek Dengan Metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System. Jurnal SAINTIKOM Vol, 12 (3). ISSN: 1978-6603.

Verma, S. K., Yadav, S., & Nagar, S. K. (2015, December). Controlling of an automatic voltage regulator using optimum integer and fractional order PID controller. In 2015 IEEE Workshop on Computational Intelligence: Theories, Applications and Future Directions (WCI) (pp. 1-5). IEEE.

Gunadin, I. C. (2008). Analisis Penerapan PID Controller Pada AVR (Automatic Voltage Regulator). Media Elektrik, 155-161.

Saadat, H. (1999). Power System Analysis. Boston: McGraw-Hill.

K. N. Aryadi, A. Triwiyatno, and B. Setiyono, (2015) “Desain Sistem Kontrol Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (Anfis) Pada Model

Mustang, A., & Prasetia, A. M. (2022). Implementasi Automatic Voltage Regulator Pada Generator Sinkron 3 Fasa Dengan Mengatur Arus Eksitasi. SainETIn: Jurnal Sains, Energi, Teknologi, dan Industri, 6(2), 46-55


Article Metrics

Abstract view : 32 times
PDF - 8 times

DOI: https://doi.org/10.26714/me.v16i2.12853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 MEDIA ELEKTRIKA



Editorial Office of Media Elektrika


Universitas Muhammadiyah Semarang FT-FMIPA Building, 7nd Floor. 
Department of Electrical Engineering
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Kota Semarang, Prov. Jawa Tengah, Indonesia 50273

Phone: 085299398663
Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.