PENGEMBANGAN MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT MENGGUNAKAN TEKNOLOGI SMS GUNA MENINGKATKAN KEPATUHAN AKSEPTOR KB

Trismianto Asmo Sutrisno(1*), Surati Ningsih(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model aplikasi dengan pendekatan Customer Relationship Management (CRM) menggunakan teknologi Short Message Service (SMS) guna meningkatkan kepatuhan akseptor Keluarga Berencana (KB) khususnya akseptor KB suntik untuk datang berkunjung sesuai dengan jadwal.

Penelitian ini menerapkan pendekatan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) atau Daur Hidup Pengembangan Sistem dengan model Waterfall. Sedangkan pengembangan perangkat lunak yang berupa model pembelajaran dengan visualisasi ini dilaksanakan dengan tahapan:  1) analisis kebutuhan perangkat lunak, 2) desain, 3) pembuatan kode program, 4) pengujian dan 5) luaran penelitian berupa sebuah sistem model aplikasi dengan pendekatan CRM menggunakan teknologi SMS dan draft publikasi ilmiah.

Langkah penelitian akan dilakukan pengumpulan data dengan metode survey dengan cara observasi lapangan dan wawancara kepada narasumber serta studi pustaka. Observasi dan wawancara dilakukan guna memperoleh data yang akurat tentang kontrasepsi KB khususnya kontrasepsi suntik, penetapan jadwal kunjungan ulang serta informasi pendukung lainnya. Selanjutnya mengolah data-data yang telah diperoleh untuk diolah menggunakan pendekatan SDLC dengan model Waterfall. Terakhir melakukan kuisioner dengan tipe tertruktur untuk memperoleh data sejauh mana manfaat yang dirasakan oleh akseptor KB dengan adanya model aplikasi berbasis CRM dalam meningkatkan kepatuhan akseptor KB tersebut dalam teratur melakukan kunjungan pemeriksaan KB.

Kata Kunci: Akseptor, Customer Relationship Management, CRM, KB, SMS

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 414 times
PDF - 93 times

DOI: https://doi.org/10.26714/me.v7i2.1370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)



Editorial Office of Media Elektrika


Universitas Muhammadiyah Semarang FT-FMIPA Building, 7nd Floor. 
Department of Electrical Engineering
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Kota Semarang, Prov. Jawa Tengah, Indonesia 50273

Phone: 085299398663
Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.