APLIKASI MOTOR DC-SHUNT UNTUK LABORATORY SHAKER MENGGUNAKAN METODE PWM (PULSE WIDTH MODULATION ) BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 32

Royan -(1*), Luqman A(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Motor DC (Direct Current) banyak digunakan sebagai penggerak dalam berbagai peralatan, baik kecil maupun besar, lambat maupun cepat. Metode PWM (Pulse Width Modulation) adalah metode yang cukup efektif untuk mengendalikan kecepatan motor DC (Direct Current) namun diperlukan rangkaian driver motor, diantaranya yang paling sederhana berupa transistor yang disusun secara Darlington maupun driver motor DC (Direct Current)  dalam kemasan IC seperti L293D yang  dapat mengalirkan arus dan tegangan yang lebih besar serta mudah dikendalikan dengan mikrokontroler untuk arah putar dan kecepatanya.

Tujuan Penelitian ini adalah  merancang sebuah perangkat pengendalian motor DC shunt dengan menggunakan metode PWM ATMega 32 yang dapat bekerja otomatis dengan timer dan menggunakan bahasa pemprograman yang mudah dikembangkan yaitu bascom AVR serta mengaplikasikanya pada laboratory shaker. Sehingga penelitian ini penulis beri judul “Aplikasi Motor DC Shunt  Untuk Laboratory Shaker dengan menggunakan metode PWM berbasis mikrokontroler ATMega32”. Alat ini mampu mengendalikan kecepatan motor DC Shunt sesuai kecepatan yang diatur, serta bekerja secara otomatis menggunakan timer.

Kata Kunci : Motor DC Shunt, L293D, PWM, Mikrokontroler ATMega 32, Laboratory shaker, Bascom AVR

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2503 times
PDF - 1001 times

DOI: https://doi.org/10.26714/me.v8i1.1662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 MEDIA ELEKTRIKA



Editorial Office of Media Elektrika


Universitas Muhammadiyah Semarang FT-FMIPA Building, 7nd Floor. 
Department of Electrical Engineering
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Kota Semarang, Prov. Jawa Tengah, Indonesia 50273

Phone: 085299398663
Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.