EVALUASI HASIL MODIFIKASI GENERATOR HMXT-200 PADA SUBSISTEM ELEKTROLIT, FEEDWATER, DAN KONTROL GAS DI PT. INDONESIA POWER TAMBAK LOROK, SEMARANG

- Gunawan(1*), Ike Puspa Ningtias(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Generator HMXT-200 merupakan mesin pembangkit gas hidrogen pada PT. Indonesia Power Tambak Lorok Semarang. Mesin ini menggunakan air (H2O) dengan campuran katalis potassium hydroxide (KOH) untuk menghasilkan hidrogen dengan tekanan 147PSIG. Nantinya gas tersebut akan digunakan sebagai pendingin generator listrik.
Antara bulan Mei-Agustus 2008 Generator HMXT-200 mengalami masalah yang menyebabkan mesin tersebut shut down. Dari keseluruhan penyebab shut down alarm, mayoritas yang terjadi adalah Low KOH Level, yaitu kurangnya supply feedwater pada produksi maksimal, mencapai 6% dan Differential Pressure Alarm, yaitu pertidaksamaan pressure oksigen dan hidrogen pada sistem, mencapai 10% kemungkinan. Perbaikan yang dilakukan untuk Low KOH Level dengan menambah relocation tank and regulator, guna menurunkan kapasitas produksi dari 147PSIG menjadi 100PSIG, sehingga supply feedwater tercukupi. Sedangkan pada Differential Pressure Alarm adalah dengan mengubah posisi hydorgen vent, sehingga memperlancar pembuangan hidrogen untuk mengurangi pressurenya.
Data yang diambil ulang pada bulan Oktober-Nopember 2008 menunjukkan modifikasi yang telah dilakukan mencapai 50% keberhasilan, dengan menurunkan Low KOH Level menjadi 3% dan Differential Pressure Alarm menjadi 5% kemungkinan terjadi. Peninjauan ulang pada hasil modifikasi dengan memperhatikan penyebab lain kedua alarm, akan memaksimalkan kinerja sistem.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 297 times
PDF - 143 times

DOI: https://doi.org/10.26714/me.v1i2.475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)



Editorial Office of Media Elektrika


Universitas Muhammadiyah Semarang FT-FMIPA Building, 7nd Floor. 
Department of Electrical Engineering
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Kota Semarang, Prov. Jawa Tengah, Indonesia 50273

Phone: 085299398663
Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.