SMART METER DAN PENGONTROL PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK BERDASARKAN SMART RELAY DENGAN KOMUNIKASI ETHERNET DAN WIRELESS

MOCH CAHYO CAHYO PUJIANTO(1*), Istiyo Winarno(2), Istiyo Winarno(3), Daeng Rahmatullah(4), Daeng Rahmatullah(5)


(1) UNIVERSITAS HANGTUAH SURABAYA
(2) UNIVERSITAS HANGTUAH SURABAYA
(3) UNIVERSITAS HANGTUAH SURABAYA
(4) UNIVERSITAS HANGTUAH SURABAYA
(5) UNIVERSITAS HANGTUAH SURABAYA
(*) Corresponding Author

Abstract


          Akhir-akhir ini pemerintah memberikan petunjuk arah bagi masyarakat untuk bijak menggunakan energi listrik yang disupply oleh Perusahan Listrik Negara (PLN). Hal itu karena pertumbuhan pelanggan listrik lebih cepat dibandingkan dengan pembangunan pembangkit listrik tenaga listrik di indonesia . Namun untuk menerapkan penggunaan energi listrik pada Kilowatt jam ( kWh ) rumah dengan angka yang sulit berhubungan dengan orang awam dan keterbatasa tersebut maka kami akan membuat sebuah prototipe “smart meter dan pengontrolan penggunaan energi listrik berdasakan smart relay dengan komunikasi Ethernet dan wireless”. Dengan menggunakan data arus dan tegangan yang di olah menggunakan fungsi matematika untuk mendapatkan satuan daya listrik. Dibandingkan dengan menggunakan mikro controller sekelas arduino ketahanan dan kontinuitas smart relay yang lebih terjamin, Keunggulan prototipe ini mudah diterapkan karena dalam bentuk angka, menampilkan penggunaan energi listrik dan dapat mengendalikan (on / off) peralatan listrik yang dapat diakses dari layar smart relay dan komputer pribadi dengan komunikasi ethernet dan nirkabel. Pada alat smart meter ini tidak mempertimbangkan phi, perhitungan perhitungan perkalian antara data hasil tegangan dan arus listrik beban .


Keywords


smart meter,smart relay,Ethernet dan controller.

Full Text:

PDF

References


Muljono. A. B, I Made Ari. N, I Made Ginarsa, dan I Made. Budi. S, 2018. " Rancang Bangun Smart Energy Meter Berbasis UNO dan Raspberry Pi".Jurnal. Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mataram.

Ilyas, 2014, “Analisa Teknis Pencurian

Energi Listrik Pada Kwh Meter 1 Phasa Di PT.PLN (Persero) Rayon Ampere Palembang”, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Sriwijaya.

Anugrah Iyan, 2017, Pengukur Daya

Listrik Menggunakan Sensor Arus Acs712-05a Dan Sensor Tegangan Zmpt101b, Jurusan Teknik Elektro , Universitas Negri Yogyakarta.

Maulana. A, Suhartono. E, Yunita. T. 2019. “System Pengukuran Energy Listrik Pada Smart Meter Untuk Aplikasi Smart House Yang Menggunakan Rooftop Photovoltaic”. Jurnal. Teknik Telekomunikasi, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom.

Muhammad. M, Hasan. I. 2016. “Analisa Dan Pengembangan Jaringan Wireless Berbasis Mikrotik Router Os V.5.20 Di Sekolah Dasar Negeri 24 Palu”.Jurnal STMIK Bina Mulia Palu.

Suhendar. M , Hariansyah. M, 2017. “Rancangan Smart Relay Zelio Pada Pengoperasian Pompa Air Bersih Gedung Bertingkat”. Jurnal. Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Ibn Khadun Bogor.

Hariansyah. M. 2008. “Pemasangan Dan Pengecekan Kwh Meter Satu Phasa Pada Konsumen Rumah Tangga Dengan Kapasitas 900 VA”. Jurnal. Ilmiah, Universitas Ibn Khaldun Bogor.

Sarna. S. 2017. “Analisis Perkembangan Optical Ethernet”. Jurnal. Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Sawerigading Makasar.


Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 2 times

DOI: https://doi.org/10.26714/me.14.2.2021.87-94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 MEDIA ELEKTRIKA



VISITORS

MEDIA ELEKTRIKA  |  p-ISSN: 1979-7451 | e-ISSN: 2579-972X

Editorial Office:
Program Studi Teknik Elektro
Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Semarang
Jalan Kasipah No 12, Semarang
Phone: 085299398663 | e-mail: mediaelektrika@unimus.ac.id

 Creative Commons License
This works is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.