SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEGIATAN UKM DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE BERBASIS WEB

Saiful Do Abdullah(1*), Hairil Kurniadi Sirajuddin(2)


(1) Universitas khairun
(2) Universitas Khairun
(*) Corresponding Author

Abstract


Unit KegiatanMahasiswa (UKM) adalah wadah aktivitas kemahasiswaan untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian tertentu bagi para anggota-anggotanya.Unit KegiatanMahasiswa (UKM) Universitas Khairun Ternate mempunyai beberapa bidang UKM yaitu UKM Karfapala, UKM Seni Budaya (SEBA), UKM Fotografi, Marine Science Diving Club (MSDC) Unkhair, UKM Olahraga, UKM LDK Unkhair. Mahasiswa mendaftar secara langsung menjadi anggota dengan mendatangi dan mengisi sejumlah persyaratan untuk menjadi anggota sebuah UKM.Pada perkembangan selanjutnya proses pendaftaran atau registrasi anggota dan pengelolaan kegiatan yang masih bersifat manual mendatangkan permasalahan dalam pendataan, pencatatan dan pelaporan kegiatan.Permasalahan lain yang timbul adalah sulitnya menyampaikan informasi tentang kegiatan atau even yang dilakukan oleh sebuah UKM karena belum adanya suatu media informasi yang dapat diakses secara luas dan mudah oleh mahasiswa dan anggota UKM.Salah satucarauntukmengatasi permasalahan di atas adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan internet, yaitu membangun sebuah sistem informasi berbasis web pada unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Khairun Ternate.Adapun metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode prototype dan pengujian sistemnya menggunakan metode blackbox.Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sistem dapat mempermudah mahasiswa dan anggota UKM dalam mendapat informasi mengenai kegitan yang di lakukan ole sebuah UKM. Dalam pengujian menggunakan blackbox ini menunjukan bahwa sistem telah berjalan dengan baik, semua fungsi perangkat lunak telah berjalan semestinya sesuai dengan kebutuhan.


Full Text:

PDF

References


Februariyanti, H. (2012). Rancang Bangun Sistem Perpustakaan untuk Jurnal Elektronik. 17(2), 124–132.

Faris Ridha Primastomo. (2014). Pengembangan Dan Analisis Sistem Informasi Pengelolaan Data Anggota Ukm Musik Sicma Uny Berbasis Framework Php Codeigniter.

Fazri, A., Studi, P., Informatika, T., Komputer, F. I., & Binadarma, U. (2013). Perancangan perangkat lunak berbasis wap untuk manajemen percetakan yang terintegrasi dengan sms gateway pada percetakan mentari.

Firmansyah, Y. (2017). Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Aplikasi Pelayanan Anggota Pada CU Duta Usaha Bersama Pontianak. 5(2), 53–61.

Handoko, R. (2019). Aplikasi Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Web. 1(1), 20–25.


Article Metrics

Abstract view : 215 times
PDF - 49 times

DOI: https://doi.org/10.26714/me.v15i1.7569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 MEDIA ELEKTRIKA



Editorial Office of Media Elektrika


Universitas Muhammadiyah Semarang FT-FMIPA Building, 7nd Floor. 
Department of Electrical Engineering
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Kota Semarang, Prov. Jawa Tengah, Indonesia 50273

Phone: 085299398663
Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.