Emotional Intelligence Correlation with Self Efficacy in Adolescent
(1) Universitas Kadiri
(2) Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, G., & Budiani, M. S. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Self-efficacy Dengan Tingkat Stres. Jurnal Character, 01(02).
Annisavitry, Y., & Budiani, M. (2017). Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Agresivitas pada Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan, 4(1), 1–6.
Chiu, L. K. (2010). University Students’ Attitude , Self-efficacy and Motivation Regarding Leisure Time Physical Participation. Jurnal Pendidik Dan Pendidikan, 24, 1–15.
Haq, H. I., & Rosiana, D. (2018). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Self-efficacy pada Siswa Kelas Akselerasi Sman “ X ” Bandung. Prosiding Psikologi, 4(2), 1139–1144.
Indrariyani, N. M. W., & Supriyadi. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Self-efficacy dalam Pemecahan Masalah Penyesuaian Diri Remaja Awal. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 190–202.
Januardini, L., Hartati, S., & Astuti, T. P. (2013). Perbedaan Sef Regulated Learning Ditinjau dari Pola Asuh Orangtua pada Siswa Kelas VIII SMP Fransiskus dan SMP PGRI 01 Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 12(2), 176–182.
Kamilah, S. F. (2015). Pengaruh Self-efficacy, Dukungan Sosial, dan Empati terhadap Motivasi Mengajar Guru ABK di Jakarta Selatan.
Kristina, S., Indriani, M. Y., & Niman, S. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Identitas Diri Remaja di SMA Swasta.
Mesurado, B., Vidal, E. M., & Mestre, A. L. (2018). Negative Emotions and Behavior: The Role of Regulatory Emotional Self-Efficacy. Journal of Adolescence, 64, 62–71.
Nyarko, F., Peltonen, K., Kangaslampi, S., & Punam, R. (2020). Emotional Intelligence and Cognitive Skills Protecting Mental Health from Stress and Violence among Ghanaian Youth. Heliyon, 6(March). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e03878
Rey, L., Treatment, P., Quintana-orts, C., Treatment, P., Psychology, S., Extremera, N., & Psychology, S. (2018). Emotional Intelligence and Peer Cyber-Victimisation in Adolescents : Gender as Moderator. Media Education Research Journal, 26(56), 9–18.
Ristiyadi, W., Yudiernawati, A., & Maemunah, N. (2017). Hubungan antara Pola Asuh Orangtua dengan Kecerdasan Emosi (EQ) SMPN Dau Malang. Nursing News, 2(1), 555–567.
Rodriguez, S. N., & Ana, H. L. (2015). Self-Concept, Self-Esteem and Self-efficacy : The Role of Self-Beliefs in the Coping Process of Socially Vulnerable Adolescents. Journal of Latino, 7(1), 33–44.
Ruiz, M. J., & Baaklini, A. (2018). Individual and Social Correlates of Aggressive Behavior in Lebanese Undergraduates : The Role of Trait Emotional Intelligence. The Journal of Social Psychology, 158(3), 350–360.
Sadiyah, M. (2014). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Semarang.
Sarkhosh, M., & Rezaee, A. A. (2014). How Does University Teachers’ Emotional Intelligence Relate To Their Self-efficacy Beliefs? Porta Linguarum, 85–100.
Shipley, N. L., Jackson, M. J., & Segrest, S. L. (2015). The Effects of Emotional Intelligence, Age, Work Experience, and Academic Performance. Research in Higher Education Journal, 1–18.
Sulistyowati, D. A., Wismanto, Y. B., & Utami, C. T. (2015). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Optimisme dengan Problem Focused Coping pada Mahasiswa S1 Keperawatan Stikes Telogorejo Semarang. Kajian Ilmiah Psikologi, 1(4), 11–18.
Sumara, D., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Jurnal Penelitian Dan PPM, 4(2), 129–389.
Unayah, N., & Sabarisman, M. (2015). Fenomena Kenakalan Remaja dan Kriminalitas. Puslitbang Kesejahteraan Sosial, Kementerian Sosial RI, 1(2), 121–140.
Utomo, H., & Warsito, H. (2013). Hubungan antara Frustasi dan Konformitas dengan Perilaku Agresi. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(2).
Wibowo, M. W. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi , Adversity Quotient dan Efikasi Diri Pada Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 1 Magelang. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(2), 186–200.
Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2020a). Analisa Kecerdasan Emosional Remaja Tahap Akhir Berdasarkan Jenis Kelamin. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(4), 477–484.
Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2020b). Analisis Perilaku Agresif pada Remaja di Sekolah Menengah Pertama. Journal Health of Studies, 4(1), 38–45.
Yuniar, D., & Darmawati, I. (2017). Dukungan Keluarga Berhubungan dengan Kecerdasan Emosional Remaja. Jurnal Keperawatan Komprehensif, 3(1), 9–17.
Article Metrics
Abstract view : 1497 timesPDF - 27 times
DOI: https://doi.org/10.26714/mki.3.3.2020.137-143
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Endang Mei Yunalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This journal is indexed by:
Kedungmundu Raya No. 18 Semarang NRC Building Universitas Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]