Hubungan Antara Persepsi Tentang Lingkungan Pembelajaran Klinik dan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Program Profesi Dokter

Harleyna Rokhison, Anis Kusumawati, Yuhantoro Budi Handoyo Sakti, Agus Zuliyanto

Abstract


Latar Belakang: Pendidikan klinik memiliki suasana lingkungan belajar yang sangat berbeda dengan pendidikan di tahap akademik. Persepsi lingkungan belajar memburuk disaat mahasiswa memulai pengalaman klinik dan lingkungan belajar klinik merupakan salah satu sumber kecemasan yang cukup besar. Dalam model Biggs kecemasan dianggap sebagai variabel penghalang akibat interaksi antara mahasiswa dan lingkungannya. Tinggi rendahnya kecemasan akan berpengaruh terhadap tingkat kompetensi mahasiswa. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan antara persepsi tentang lingkungan pembelajaran klinik dan tingkat kecemasan mahasiswa program profesi dokter. 

Metode: Penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional, melibatkan 41 responden mahasiswa program profesi dokter angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto di RSUD dr. Soeselo Slawi dengan total sampling, analisis data menggunakan uji korelasi Pearson.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan persepsi lingkungan belajar klinik kurang baik sebanyak 24,4%, cukup baik 68,3%, dan baik 7,3%. Tingkat kecemasan mahasiswa didapatkan tidak cemas-cemas ringan 41,5%, cemas ringan-sedang 56,1%, dan cemas sedang-berat 2,4%. Analisis pearson menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi lingkungan pembelajaran klinik dan tingkat kecemasan mahasiswa program profesi dokter dengan P value 0,006 (P = <0,05).

Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi lingkungan pembelajaran klinik dan tingkat kecemasan mahasiswa program profesi dokter.

Keywords


Lingkungan Belajar Klinik, Kecemasan; Mahasiswa; Program Profesi Dokter

Full Text:

PDF

References


Coe R. et al. “What makes great teaching? Review of the underpinning research”, Project Report, Sutton Trust, London, 2014 pp. 1-57; 2014

Leman MA. Persepsi Mahasiswa Mengenai Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Strategi Belajar, dan Hasil Belajar di Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada Yogyakarta (Tesis). Yogyakarta : FKUGM. 2014.

Dunham L. et al. Medical Student Perceptions of the Learning Environment in Medical School Change as Students Transition to Clinical Training in Undergraduate Medical School, Teaching and Learning in Medicine. Journal Teaching and Learning in Medicine an International Journal 2017.

Syahreni E, Waluyanti FT. Pengalaman Mahasiswa S1 Keperawatan Program Reguler dalam Pembelajaran Klinik. Jurnal Keperawatan Indonesia 2007. 11(2), pp. 47–53.

Emilia O. Kompetensi Dokter dan Lingkungan Belajar Klinik di Rumah Sakit. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press; 2008

Nadeem M, Ali A, Maqbool S, Zaidi SU. Impact of Anxiety on the Academic Achievement of Students Having Different Mental Abilities at University level in Bahawalpur ( Southern Punjab ) Pakistan. IOJES 2012

Goverment Q. Mental Illness Nursing Documents. State of Queensland (Queensland Health); 2010

Flynn K. The Use of Standardized Patients to Minimize Anxiety in Undergraduate Nursing Students in the Clinical Setting. Master of Arts in Nursing Theses; 2012

Melincavage. Anxiety in student nurses in the clinical setting: a phenomenological study [dissertation]. The Pennsylvania State University; 2008

Al-Kadri HMF, Al-Moamary MS, Elzubair M, Magzou ME, Al Mutairi A, Roberts C, Vleuten CVD. Exploring factors affecting undergraduate medical students΄study strategies in the clinical years : a qualitative study. Health Sci Educ 2011. 16:553-567.

Cook LJ. Inviting Teaching Behaviors of Clinical Faculty and Nursing Students “Anxiety”. J Nurs Educ 2005

Kusumawati A, Prihatiningsih TS, Prabandari YS. Anxiety and Competence Achievement of Midwifery Students During Midwifery Clinical Practice of Maternal Neonatal Emergency. JPKI 2017. pp. 116–122

Nelwati, Putri TH, Rahayuningsih A. Hubungan Lingkungan Belajar Klinik dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa pada Program Pendidikan Ners, Ners Jurnal Keperawatan 2012. Vol 8 No 1 16-22

Reilly DE, Obermann MH. Pengajaran Klinis dalam Pendidikan Keperawatan. Jakarta: EGC; 2002

Bigdeli S, Pakpour V, Aalaa M, Shekarabi R, Sanjari M, Haghani H, et al. Clinical learning environments (actual and expected): perceptions of Iran University of Medical Sciences nursing students. MJIRI 2015. Vol 29:173

Hall CS, Lindzey, Gardner. Teori-Teori Psikodinamik (Klinik). Yogyakarta: Kanisius; 2009

Bunevicius A, Katkute A, Bunevicius R. Symptoms of Anxiety and Depression in Medical Students and in Humanities Students: Relationship With Big-Five Personality Dimensions and Vulnerability To Stress. Int J Soc Psychiatry 2008. Vol. 29:173




DOI: https://doi.org/10.26714/medart.1.1.2019.48-52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 MEDICA ARTERIANA (Med-Art)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Secretariat

Faculty of Medicine
University of Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Semarang
Email : medica.arteriana@unimus.ac.id