Kecerdasan emosional : implikasi terhadap kinerja perawat di Rumah Sakit Banyumanik Semarang

Hema Dewi Anggraheny, Aisyah Lahdji, Wida Faridatul

Abstract


Latar Belakang : Penurunan pasien rawat inap di Rumah Sakit Banyumanik Semarang pada tahun 2016  sebesar 12,83% dari tahun sebelumnya sering dikaitkan dengan turunnya kepuasan terhadap pelayanan. Perawat menjadi petugas pertama yang melayani pasien rawat inap. Kinerja perawat yang optimal cenderung meningkatkan kepuasan pasien, karena focus utama perawat adalah pelayanan pasien. Faktor yang mempengaruhi kinerja perawat meliputi faktor internal dan eksternal. Kecerdasan merupakan faktor internal yang mempengaruhi tingkah laku individu, salah satunya kecerdasan emosional. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal antara lain kecerdasan emosional terhadap kinerja Perawat di Rumah Sakit Banyumanik Semarang.

Metode : Penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2020. Sampel penelitian adalah 35 perawat di Rumah Sakit Banyumanik Semarang. Pengambilan data masing-masing variabel menggunakan kuesioner yang sudah tervalidasi. Analisis bivariat antar variabel diuji menggunakan uji Korelasi Pearson, dan dilanjutkan analisis multivariat menggunakan regresi linier berganda.

Hasil : Terdapat hubungan antara kecerdasan intelektual (p-value 0,000), emosional (p-value 0,000), spiritual (p-value 0,000), dan adversitas (p-value 0,000) terhadap kinerja perawat. Kecerdasan emosional merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kinerja perawat.

Kesimpulan : Kecerdasan emosional menjadi faktor yang paling berpengaruh terhadap kinerja perawat di Rumah Sakit Banyumanik Semarang.

 


Keywords


Kinerja Perawat, Kecerdasan Intelektual, Emosional, Spiritual, Adversitas.

Full Text:

PDF

References


Akbar SZ, Sri S. Pengaruh kualitas pelayanan dan tarif terhadap layanan pasien melalui kepuasan pasien (studi kasus pada Rumah Sakit Banyumanik Semarang). Diponegoro Jurnal of Social and Political Science. 2018; 7(5).

Potter PA, Perry AG. Buku ajar fundamental keperawatan : konsep, proses, dan praktik. Edisi 7. Volume 2. EGC. Jakarta : 2014.

Zulkarnain. Analisis pelaksanaan fungsi manajemen pengarahan kepala ruangan dengan kinerja perawat dalam menerapkan asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSUD Bima. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. November 2017; 1(2).

Mandagi FM, Umboh JML, Rattu J. Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja perawat dalam menerapkan asuhan keperawatan di Rumah Sakit Umum Bethesda GMM Tomohon. Jurnal e-Biomedik. September 2015; 3(3).

Hirfa T. Hubungan antara Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ) Dengan Kinerja Bidan di Rumah Sakit Islam Jakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 1 No.2. 2016.

Al-Hamdan Z, Oweidat IA, Al-Faouri I, Codier E. Correlating emotional intelligence and job performance among Jordanian Hospitals’ Registered nurses. Nursing Forum. 2016; 52(1).

So-Hee P, Min-Jeong P. The effects of emotional intelligence, nursing work environment on nursing work performance in clinical nurses. Journal of Digital Convergence. 2018;16(4):175-84.

Haryono S, Rosady F, MdSaad MS. Effects of emotional and spiritual intelligence on job performance among temporary nurses at Abdul Riva’I Regional General Hospital, Berau District, East Kalimantan Province, Indonesia. Management Issues in Healthcare System. 2018; 4:42-54.

Khahdan M, Eyni Z, Koohpaeni A. Relationship between Spiritual Intelligence and Job Performance: A Case Study of Nurses and Nursing Aids in the Main University Hospital of Qom, Iran. Health Spiritual Med Ethics. 2017; 4 (3) :8-13. Available at URL: http://jhsme.muq.ac.ir/article-1-152-fa.html

Solfema. Adversity intelligence as a contributing factor of tutor’s performance. European Journal of Education Studies. 2017; 3(11): 840-7.

Verma S, Aggarwal A, Bansal H. The relationship between emotional intelligence (EQ) and adversity quotient (AQ). IOSR Journal of Business and Management. 2017;19(1): 49-53.

Yenti Novri, Machasin, Amsal Chairul. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, dan Disiplin Terhadap Kinerja Perawat pada RS PMC Pekanbaru. Jom FEKON Vol.1 No 2. 2014

Rahmasari, Lisda. Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosi (EQ), dan Kecerdasan spiritual (SQ) Terhadap Kinerja Karyawan Majalah Ilmu Informatika. Vol 3 No.3. 2012.

Utami Endah, Dewanto Aryo. Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Kinerja Perawat dengan Motivasi Kierja Sebagai Variabel Mediasi (Studi di RSUD “Ngudi Waluyo” Wlingi). Jurnal Aplikasi Manajemen Vol. II No. 1. ISSN 1693-5241. 2013

Anggraheny HD, Sudiro. The childbirth services aspect that Influence patient satisfaction. Kemas. 2017;12(2):96-104.


Article Metrics

Abstract view : 30 times
PDF - 7 times

DOI: https://doi.org/10.26714/medart.2.2.2020.108-114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact

Faculty of Medicine, Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Semarang, Indonesia
Email: medica.arteriana@unimus.ac.id