Hubungan Shift Kerja dan Sleep Hygiene dengan Kejadian Insomnia pada Perawat RSUD Bumiayu

Shelma Assyifa Sabila(1*), Ratih Widayati(2), Muhammad Riza Setiawan(3)


(1) Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Insomnia merupakan salah satu dari bahaya akibat pelaksanaan shift kerja dikarenakan tidak sesuainya proses irama sirkadian dengan waktu yang diperlukan oleh seorang pekerja untuk tidur. Sleep hygiene merupakan seperangkat modifikasi dan identifikasi sikap, perilaku, dan lingkungan seseorang yang dapat memberi pengaruh terhadap kualitas tidur. Penerapan perilaku Sleep hygiene yang benar dan baik dapat memberikan kualitas tidur yang baik dan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan shift kerja dan sleep hygiene dengan kejadian insomnia pada perawat RSUD Bumiayu.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik kuantitatif melalui rancangan cross sectional. Sampel penelitian adalah perawat RSUD Bumiayu, sebanyak 93 orang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Shift kerja dan sleep hygiene digunakan sebagai variabel bebas dan insomnia sebagai variabel terikat. Proses analisis penelitian ini menggunakan uji chi square.

Hasil: Hasil analisis data antara shift kerja dengan insomnia didapatkan p value = 0,282 (p > 0,05), dan analisis data antara sleep hygiene dengan insomnia didapatkan p value = 0,048 (p < 0,05).


Kesimpulan: Hasil analisis menunjukkan tidak ada hubungan antara shift kerja dengan kejadian insomnia pada perawat RSUD Bumiayu. Namun, ada hubungan antara sleep hygiene dengan kejadian insomnia pada perawat RSUD Bumiayu.


Keywords


Shift Kerja, Sleep Hygiene, Insomnia, Perawat

Full Text:

PDF

References


Sataloff RT, Johns MM, Kost KM. Guyton And Hall Textbook of Medical Phsiology Twelfth Edition. 12th ed. Gruliow R, editor. William Schmitt; 2011.

Sadock, Benjamin J. Sadock BJ, Sadock VA, Ruiz Pedro. Kaplan & Sadock’s Concise Textbook of Clinical Psychiatry 4th Edition. Philadelphia: Wolters Kluwer. 2015.

Susanti L. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Insomnia di Poliklinik Saraf RS DR. M. Djamil Padang. J Kesehat Andalas. 2015;4(3):951–6.

Kelompok Studi Gangguan Tidur Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI). Panduan Tatalaksana Gangguan Tidur. 2nd ed. Rahmatul Islamiyah W, editor. Jakarta: Sagung Seto; 2018.

Saraswati AW, Paskarini I. Hubungan Gangguan Tidur Pada Pekerja Shift Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Di Terminal Petikemas. Indones J Occup Saf Heal. 2018;7(1):72.

Meila Pramitasari R. Pengaruh Masa Kerja Dan Shift Kerja Terhadap Kelelahan Kerja Pada Perawat Inap Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Kementeri Kesehat Republik Indones. 2016;(June).

Winata SD. Artikel Penelitian Hubungan Kerja Gilir dan Faktor-Faktor Lain dengan Insomnia pada Relationship between Shift Work and other Factors with Insomnia among Shoes Factory Male Workers PT X , Tangerang. J Kedokt Meditek. 2018;

Astaniah S, Rahmayanti D, Setiawan H, Studi P, Keperawatan I, Kedokteran F, et al. Gambaran Sleep Hygiene Di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Provinsi Kalimantan Selatan. Nerspedia. 2019;2(August 2018):1–6.

N. Sayekti LH. Analisis Risiko Depresi, Tingkat Sleep Hygiene dan Penyakit Kronis dengan Kejadian Insomnia Pada Lansia. J Berk Epidemiol. 2015;3(2):181–93.

Hubungan Antara Shift Kerja Dan Tingkat Insomnia Pada Perawat Di Rumah Sakit Pelabuhan Palembang Tahun 2020 - [Internet]. [cited 2021 Dec 4]. Available from: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14431/

Saftarina F, Hasanah L. Hubungan Shift Kerja dengan Gangguan Pola Tidur pada Perawat Instalasi Rawat Inap di RSUD Abdul Moeloek Bandar Lampung 2013. Medula Unila [Internet]. 2014;2(2):28–38. Available from: file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/313-602-1-SM.pdf

Chou TL, Chang LI, Chung MH. The mediating and moderating effects of sleep hygiene practice on anxiety and insomnia in hospital nurses. Int J Nurs Pract. 2015;21(S2):9–18.


Article Metrics

Abstract view : 384 times
PDF - 81 times

DOI: https://doi.org/10.26714/medart.5.1.2023.12-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact

Faculty of Medicine, Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Semarang, Indonesia
Email: [email protected]