Korelasi Tingkat Stres terhadap Self Directed Learning Readiness Mahasiswa Kedokteran Selama Pembelajaran Online

Afridatul Luailiyah(1*), Andi Citra Julianti A(2), Kamila Dwi Utami(3)


(1) Fakultas Kedokteran Umum, Universitas Islam Sultan Agung Semarang
(2) Fakultas Kedokteran Umum, Universitas Islam Sultan Agung Semarang
(3) Fakultas Kedokteran Umum, Universitas Islam Sultan Agung Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Pandemi Covid-19 membawa perubahan besar dalam sistem pembelajaran. Adaptasi pembelajaran dari offline menjadi online membuat mahasiswa yang mengalami stres akademik menjadi semakin meningkat. Pembelajaran online membutuhkan banyak persiapan dalam berbagai aspek, sehingga jika tidak di persiapkan baik oleh mahasiswa dan dosen mengakibatkan meningkatnya stress dan menurunnya self-eficacy Kesiapan belajar mandiri atau Self directed learning readiness merupakan komponen yang penting untuk membiasakan belajar sepanjang hayat di pendidikan kedokteran. Penelitian ini ingin mencari korelasi tingkat stress selama pandemi covid-19 dengan Self Directed Learning Readiness mahasiswa kedokteran.

Metode: Rancangan penelitian ini menggunakan studi observasional dengan desain cross-sectional. Seluruh mahasiswa kedokteran Universitas Islam Sultan Agung tahun kedua.yang bersedia mengisi kuesioner di jadikan sebagai subjek penelitian. Mahasiswa yang tidak lengkap mengisi kuesioner diekskusikan dari data penelitian. Kuesioner DASS (Depression anxiety stress scales) dan SDLRS (Self directed learning readiness scale) di bagikan secara online melalui aplikasi google form. Analisa statistik yang dugunakan adalah uji korelasi Spearman untuk mengatahui hubungan antara tingkat stress dengan kesiapan belajar mandiri mahasiswa kedokteran.

Hasil: Hasil uji bivariat didapatkan nilai (p) 0,002 (p<0,05) dan (r) -0,206 , sehingga terbukti ada korelasi yang bermakna yang bersifat lemah dan memiliki nilai negatif antara tingkat stres terhadap kesiapan belajar mandiri mahasiswa tahun pertama fakultas kedokteran.

Kesimpulan: Semakin rendah tingkat stress maka mahasiswa semakin siap melakukan belajar mandiri dan semakin tinggi tingkat stress maka semakin rendah kesipan mahasiswa dalam melakukan belajar mandiri selama pandemi covid-19.


Keywords


stress level, self directed learning readiness, covid-19, PBL, Self-directed Learning

Full Text:

PDF

References


Kakadia R, Chen E, Ohyama H. Implementing an online osce during the covid-19 pandemic. J Dent Educ. 2021;85(1):1006-1008.

Patil NG, Chan Ho Yan Y. Sars and its effect on medical education in hong kong. Med Educ. 2003;37(12):1127-8.

Harahap ACP, Harahap DP, Harahap SR. Analisis tingkat stres akademik pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh dimasa covid-19. Biblio Couns J Kaji Konseling dan Pendidik. 2020;3(1):10-4.

Rukmini E. Mengapa pbl (masih) diperdebatkan di fakultas kedokteran. J Pendidik Kedokt Indones. 2012; 1(2): 11-17.

Shadiqin AF, Lestari SMP, Setiawati OR. Hubungan motivasi belajar dengan tingkat self directed learning readiness (sdlr) pada mahasiswa pendidikan sarjana kedokteran angkatan 2013 di universitas malahayati. 2016;3(1).

Meity N, Prihatiningsih TS, Suryadi E. Penerapan self-directed learning melalui sistem pbl pada mahasiswa fakultas kedokteran di asia : suatu kajian literatur. J Pendidik Kedokt Indones.2017;6(3): 133-40.

Nyambe H, Rahayu GR, Harsono. Faktor-faktor yang mempengaruhi self directed learning readiness pada mahasiswa tahun pertama, kedua, dan ketiga di fakultas kedokteran uni-versitas hasanuddin dalam pbl. J Pendidik Kedokt Indones. 2016; 5(2) :67-77.

Faizah SRI, Pamungkasari EP, Randita ABT. Hubungan antara self-directed learning readiness (sdlr) dengan pro-krastinasi akademik pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas sebelas maret. Nexus Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan. 2016; 5(1): 20-32.

Livana PH, Mubin MF, Basthomi Y. Penyebab stres mahasiswa selama pandemi covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa. 2020;3(2):203-8.

Alemany-Arrebola I, Rojas-Ruiz G, Granda-Vera J, Mingorance-Estrada ÁC. Influence of covid-19 on the perception of academic self-efficacy, state anxiety, and trait anxiety in college students. Front Psychol. 2020;11:1-7.

Unger S, Meiran W. Student attitudes towards online education during the covid-19 viral outbreak of 2020: distance learning in a time of social distance. Int J Technol Educ Sci. 2020; 4(4):256-66.

Franchi T. The impact of the covid-19 pandemic on current anatomy educa-tion and future careers: a student’s perspective. Anat Sci Educ. 2020; 13 (3):312–5.

Heo JC, Han S. Effects of motivation, academic stress and age in predicting self-directed learning readiness (sdlr): focused on online college students. Educ Inf Technol. 2018;23(1):61-71.

Triastuti NJ, editor. The relationship of self-directed learning readiness and learning motivation towards learning achievement of first year medical students. Proceeding of the 2nd international conference on science, technology, and humanity. 2016.

Turan MB. The impact of self-directed learning readiness on critical thinking and self- efficacy among the students of the school of physical education and sports. Int J High Educ. 2018;7(6):98-105.

Luo R, Zhang X, Zhang C, Liu Y. Impact of self-directed learning readiness and learning attitude on problem-solving ability among chinese undergraduate nursing students. Front Nurs. 2019; 6 (2):143–50.

Marbun APS, Arneliwati, Amir Y. Faktor- faktor yang mempengaruhi stres mahasiswa program transfer keperawatan yang sedang menyusun skripsi. J. Online Mahasiswa Perpustakaan Fakultas Keperawan UNRI. 2018:446-459

Fisher M, King J, Tague G. Development of a self-directed learning readiness scale for nursing education. Nurse Educ Today.2001;21:516-25.

Lovibond, S.H, Lovibond PF. Manual for the depression anxiety stress scales. 2nd ed. Sydney: Psychology Foundation; 1995.

Baticulon RE, Sy JJ, Alberto NRI, Baron MBC, Mabulay REC, Rizada LGT, et .al . Barriers to online learning in the time of covid-19 : a national sur-vey of medical students in the philip-pines. Medical Science Educator. 2021(31):615-626.

Sarina NY. Hubungan antara stres akademik dan psychological well being pada mahasiswa tahun petama universitas indonesia. [Skripsi]. Jakarta: Universitas Indonesia.

Afrian A. 2014. Hubungan tingkat stres dengan strategi koping pada pasien gagal ginjal kronik yang menghadapi terapi hemodialis di rsud dr. r. goeteng taroenadibrata purbalingga. [Skripsi]. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwekerto.

Sutjiato M, Kandou GD, Tucunan AAT. Hubungan faktor internal dan eksternal dengan tingkat stress pada mahasiswa fakultas kedokteran uni-versitas sam ratulangi manado. JIKMU. 2015;5(1):30-42.

Atziza R. Faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian stres dalam pendidikan kedokteran rossadea. J Agromed Unila. 2015;2(3):317–20.

Ahmada D. 2014. Hubungan antara tingkat stres dan self directed learning readiness (sdlr) pada mahasiswa fakul-tas kedokteran universitas mataram. [Skripsi]. Mataram: Universitas Mata-ram.

Gunanegara RF, Wahid MH, Widyahening IS. Perbandingan karak-teristik mahasiswa, motivasi diri, dan kesiapan penerapan self directed learning pada mahasiswa fakultas ke-dokteran universitas kristen maranatha. J Med Heal. 2017; 1(5): 456–69.

KIM E-H. Relationship of academic stress, sociality and self-directed learning in nursing students. J Korea Acad Coop Soc. 2016;17(5):498–505.

Heo J, Han S. Effects of motivation , academic stress and age in predicting self-directed learning readiness ( sdlr ): focused on online college students. Education and Information Technologies. 2018;23:61-71.


Article Metrics

Abstract view : 490 times
PDF - 124 times

DOI: https://doi.org/10.26714/medart.4.1.2022.11-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact

Faculty of Medicine, Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Semarang, Indonesia
Email: [email protected]