Program P2H (Pencegahan Penyakit Hipertensi) Dalam Upaya Menciptakan Lansia Bebas Hipertensi Di RW 03 Desa Mranggen, Kec. Mranggen, Kab. Demak

Edy Soesanto(1*), Much Nurkharistna Al Jihad(2), Dwi Nur Rahmantika PS(3), Vika Nirmala Rahma(4), Revaldi Distianto Putra(5), Mochamad Daffa Ikhsana(6), Nabila Nur Ilma(7), Zidha Nur Ilma(8)


(1) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(4) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(5) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(6) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(7) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(8) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum dialami oleh masyarakat di seluruh dunia, hal tersebut disebabkan oleh pola hidup (life style) yang tidak sehat. Hipertensi ditandai dengan adanya peningkatan tekanan darah sistolik > 140 mmhg dan diastolik > 90 mmhg sehingga hal ini dapat mengakibatkan peningkatan angka mordibitas (kesakitan) dan angka mortalitas (kematian). Untuk menurunkan angka tersebut maka perlu adanya satu tindakan pencegahan dini berupa upaya promotif melalui pendidikan kesehatan guna meningkatkan pengetahuan dan mencegah resiko terjadinya hipertensi. Pendidikan kesehatan merupakan satu tindakan promotif yang dilakukan dengan penyampaian informasi berupa topik seputar masalah kesehatan dengan memanfaatkan berbagai macam media. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah penyuluhan kesehatan serta menggunakan pendekatan asuhan keperawatan dengan desain pre test dan post test. Hasil yang didapatkan dari kegiatan pendidikan kesehatan hipertensi menunjukkan bahwa nilai rata – rata pre test 59% sedangkan post test 88%. Hasil tersebut menandakan bahwa adanya dampak positif berupa perubahan pengetahuan responden sebelum dan sesudah mengikuti pendidikan kesehatan. Disarankan kepada pihak – pihak setempat agar dapat membangun koordinasi dengan puskesmas dan perangkat desa setempat dalam memaksimalkan kegiatan penyuluhan tentang hipertensi serta dapat mengaktifkan kembali posyandu lansia yang belum terbentuk.


Keywords


Pendidikan kesehatan, Hipertensi, lanjut usia, health education, hypertension, Elderly

Full Text:

PDF

References


Agus Alamsyah, I. Y. P. C. V. G. P. (2021).

Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Dalam Pencegahan HipertensiSerta Pengukuran Tekanan Darah Untuk DeteksiDini Hipertensi. Jurnal Pengabdian Kesehatan Komunitas(Journal of Community Health Service), 1, 1–9.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa tengah. (2019).

Renstra-2018-2023.

Hafiz, M., Arifin, B. M., Weta, W., Luh, N., & Ratnawati, K. A. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Demngan Kejadian Hipertensi Pada Kelompok Lanjut Usia Di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Petang I Kabupaten Badung Tahun. In JULI (Vol. 5,Issue 7). http://ojs.unud.ac.id/index.php/eum

Haris, M. A. M. (2019). Peningkatan PengetahuanLanjut Usia melalui Pendidikan Kesehatan dengan Menggunakan Media Power Point.

Muthia, F., Fitriangga, A., Syarifah, ;, & Yanti, N. (2016). Perbedaan EfektifitasPenyuluhan Kesehatan menggunakanMetode Ceramah dan Media Audiovisual(Film)terhadap Pengetahuan Santri Madrasah Aliyah Pesantren Khulafaur Rasyidintentang TB ParuTahun 2015. In Jurnal Cerebellum (Vol.2).

Swandito Wicaksono. (n.d.). Hubungan Usia DanJenis Kelamin Lansia Dengan Peningkatan Tekanan Darah (Hipertensi) Di Dususn 1 Desa Kembangseri Kecamatan Talang Empat Bengkulu Tengah Tahun 2015.

Zasendy Rehena*1, A. R. N. (2021).

PenyuluhanKesehatan dan Senam Hipertensi pada Lansia di Desa Solea Kabupaten Seram Bagian Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1.

Haris, M. A. M. (2019). Peningkatan PengetahuanLanjut Usia melalui Pendidikan Kesehatan dengan Menggunakan Media Power Point.


Article Metrics

Abstract view : 854 times
PDF - 104 times

DOI: https://doi.org/10.26714/sjpkm.v1i2.10432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC Universitas Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]