Optimalisasi Pelaksanaan Program Terapi Bermain Pada Anak di Rumah Sakit

Mariyam Mariyam(1*), Erna Sulistyawati(2), Vivi Yosafianti Pohan(3)


(1) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Hospitalisasi pada anak bertujuan untuk memberikan perawatan dan pengobatan kepada anak. Selama dirawat di rumah sakit anak juga mengalami beberapa dampak akibat hospitalisasi yaitu kecemasan, kehilangan kendali dan nyeri. Dampak hospitalisasi tersebut perlu mendapat perhatian agar perkembangan anak selama dilakukan perawatan di rumah sakit tidak mengalami gangguan. Bermain yang merupakan kebutuhan anak dapat dijadikan sebagai salah satu intervensi untuk mengurangi dampak hospitalisasi. Bermain pada anak dapat disesuaikan dengan tahap perkembangan anak. Terapi bermain yang dilakukan di RSD KRMT Wongsonegoro masih belum beragam. Tujuan pengabdian masyarakat ini mengoptimalkan pelaksanaan program terapi bermain pada anak yang dirawat di rumah sakit. Pengabdian masyarakat dilaksanakan pada bulan Oktober 2022 di RSD KRMT Wongsonegoro Semarang. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi sosialisasi program pengabdian masyarakat, penyusunan program terapi bermain, pelaksanaan terapi bermain pada anak yang dilakukan perawatan di Rumah Sakit dan evaluasi program. Tingkat kecemasan anak sebelum dan sesudah dilakukan terapi bermain di area bermain outdoor RS dari rerata 3.36 menurun menjadi 2.00. Terapi bermain diprogramkan secara rutin di ruang perawatan anak atau sesuai kebutuhan terapeutik pada anak.

 


Keywords


dampak hospitalisai; terapi bermain; anak, rumah sakit

Full Text:

PDF

References


Astarani, K., & David Richard, S. (2020). The influence of bibliotherapy on children’s psychological response during hospitalization: asystematic review. Proceedings International Coference of Nursing, Health Ang Education (ICNHE), 29–38.

Astuti, W. T., & Faiqoh, N. (2021). Literature Review: Penerapan Terapi Story Telling Terhadap Kecemasan Anak Prasekolah Akibat Hospitalisasi. Jurnal Keperawatan Karya Bhakti, 7(1), 11–24.

Daniel, D. (2021). TERAPI BERMAIN TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK PRASEKOLAH YANG MENGALAMI HOSPITALISASI: A LITERATURE REVIEW. Jurnal ProNers, 6(1).

Fadlillah, M. (2019). Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Prenada Media.

Gerungan, N. (2020). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi Di Rsup. Prof. Dr. RD Kandou Manado. Jurnal Skolastik Keperawatan, 6(2), 105–113.

Hidayat, A. N., & Asti, A. D. (2019). Terapi Boneka Tangan untuk Menurunkan Ansietas Anak karena Efek Hospitalisasi. Proceeding of The URECOL, 63–68.

Li, W. H. C., Chung, J. O. K., Ho, K. Y., & Kwok, B. M. C. (2016). Play interventions to reduce anxiety and negative emotions in hospitalized children. BMC Pediatrics, 16(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12887-016-0570-5

Machsun, T., Alfiyanti, D., & Mariyam, M. (2018). Efektifitas Tehnik Relaksasi Napas Dalam Dengan Meniup Baling-Baling Terhadap Penurunan Skala Nyeri Pungsi Vena Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 1(1), 29. https://doi.org/10.32584/jika.v1i1.102

Mariyam, M., Amaliyah, A., Samiasih, A., Alfiyanti, D., & Hidayati, E. (2021). The effect of storytelling on Covid-19 prevention behavior in school-age children. Bali Medical Journal, 10(3 Special Issue ICONURS), 1285–1288. https://doi.org/10.15562/bmj.v10i3.2887

More, R. (2019). Effectiveness of Play Therapy on Anxiety among Hospitalized Children at Selected Hospitals. International Journal of Science and Research (IJSR), 8(2), 1802–1806.

Mulyanti, S., & Kusmana, T. (2018). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi di RSUD Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya. Jurnal BIMTAS: Jurnal Kebidanan Umtas, 2(1), 20–26.

Padila, P., J, H., Yanti, L., Setiawati, S., & Andri, J. (2020). Meniup Super Bubbles dan Baling-Baling Bamboo pada Anak Penderita Pneumonia. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(1), 112–119. https://doi.org/10.31539/jks.v4i1.1545

Pawiliyah, P., & Marlenis, L. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Mendongeng dengan Penurunan Tingkat Kecemasan pada Anak Usia Pra Sekolah Akibat Hospitalisasi. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 271–280.

Permana, D. Y. (2019). Application of Number Block Play Therapy to Reduce Anxiety Levels Due to Hospitalization in Preschool Age Children at PMI Hospital, Bogor City i-xiii+54 pages, V Chapter, 2 Images, 5 Tables, 8 Appendices. 16.

Solihat, L. L., Sari, R. S., & Sari, F. R. (2020). Literature Review: Terapi Bermain Lego Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Anak Prasekolah Akibat Hospitalisasi. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, 13(2), 122–125.

Tesaningrum, Z., & Semarang, U. M. (2010). Terapi Bermain Lego Dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan. 229–233.

Yati, M., Wahyuni, S., & Islaeli, I. (2017). the Effect of Storytelling in a Play Therapy on Anxiety Level in Pre-School Children During Hospitalization in the General Hospital of Buton. Public Health of Indonesia, 3(3), 96–101. https://doi.org/10.36685/phi.v3i3.134

Yulianawati, A., & Mariyam. (2019). Gambaran Reaksi Anak Usia Prasekolah terhadap Stressor Hospitalisasi. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 2, 217–223.


Article Metrics

Abstract view : 2422 times
PDF - 254 times

DOI: https://doi.org/10.26714/sjpkm.v2i2.10975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Saya

Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC Universitas Muhammadiyah Semarang

Telepon: 02476740287
Faks: 02476740287
Email: [email protected]