Edukasi Asertif Dan Berpikir Positif Dalam Mengatasi Trauma Akibat Bullying
(1) Fakultas Kesehatan Universitas Ngudi Waluyo
(2) Fakultas Kesehatan Universitas Ngudi Waluyo
(3) Fakultas Kesehatan Universitas Ngudi Waluyo
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Indonesia merupakan negara dengan kasus bullying di sekolah yang paling banyak pelaporan masyarakat kekomisi perlindungan anak. KPAI mencatat 369 pelaporan terkait masalah tersebut 25 % dari jumlah tersebut merupakan pelaporan di bidang pendidikan yaitu sebanyak 1.480 kasus. Dampak yang terjadi akibat perilaku bullying ialah menyendiri, menangis, minta pindah sekolah, konsentrasi anak berkurang, prestasi belajar menurun, tidak mau bersosialisasi. Oleh sebab itu, untuk menghindari dampak psikologis akibat bullying adalah edukasi asertif dan berpikir positif. Semakin tinggi perilaku asertif siswa maka semakin rendah kecenderungan menjadi berperilaku bullying, demikian juga korban bullying, semakin rendah perilaku asertif maka semakin tinggi kecenderungan menjadi korban bullying. Peserta kegiatan pengabdian ini adalah siswa SMK Islam Sudirman Ungaran berjumlah 30 siswa. Kegiatan pengabdian ini terdiri dari empat tahap. Tahap pertama, tentang penyampaian materi konsep remaja yang mencakup definisi, perubahan fisik dan psikologis pada tahap remaja. Materi ini akan disampaikan 10 menit. Tahap kedua, penyampaian materi konsep bullying yang mencakup definisi, tanda gejala, penyebab, dampak, dan penanganan bullying selama 10 menit. Tahap ketiga, penyampaian materi cara pencegahan trauma bullying dengan teknik asertif dan berpikir positif selama 20 menit. Tahap keempat, siswa mendemonstrasikan teknik asertif dan berpikir positif secara bergantian. Hasil yang didapatkan bahwa pengetahuan siswa meningkat setelah diberikan edukasi asertif dan berpikir positif yaitu 5,84 menjadi 8,63. Diharapkan setiap siswa membiasakan berpikir positif dan berperilaku asertif dalam menghadapi suatu masalah sehingga kesehatan mental remaja tetap terjaga.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bangu, A. E. (2017). Waspadai fenomena bullying di sekolah www.batampos.co.id
Balakrishnan, V. (2018). Actions, emotional reactions and cyberbullying-From the lens of bullies, victims, bully-victims and bystanders
among Malaysian young adults. Talematics and Informatics, 1-11
Diah, I. (2018, 20 November). Hari anak sedunia, tingkat kekerasan pada anak Indonesia meningkat. http://www.muslimahdaily.com [Online]. Diakses dari http://www.muslimahdaily.com/news/item/79 1-hari-anak seduniatingkatkekerasanpada-anak-indonesia-meningkat.html.
Keliat, BA., Aini, K., Nuraini, T., (2018): Pengaruh Assertive Training Therapy terhadap Kemampuan Asertif Suami dan Risiko Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Bogor.
Mellor, A. (2017). Hentikan Bullying! www.ssba.com
Novalia dan Dayakisni. (2018). Perilaku Asertif Dan Kecenderungan Menjadi Korban Bullying. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 172-178
Nurridha, F. (2019, 3 November). Kasus bullying meningkat, pelaku didominasi oleh remaja. https://kumparan.com [Online]. Diakses dari
https://kumparan.com/@kumparanstyle/kasus-bullying-meningkat pelaku didominasi oleh remaja
Nursalim, Mochamad. (2021). Strategi Intervensi dan Konseling. Jakarta: Akademia Permata
Oliveira, F. R., Menezes, T. A., Irffi, G., & Oliveira, G. R. (2017) Bullying effect on student’s performance. Economi A, 126, 1-17
Rivers, I., Poteat, V. P., Noret, N., & Ashurst, N. (2019). Observing bullying at school: The mental health implications of witness status. School Psychology Quarterly, 24 (4), 221- 223
Saptandari, E. W., & Adiyanti, M. G. (2013). Mengurangi bullying melalui program pelatihan “guru peduli”. Jurnal Psikologi, 40 (2), 193-210
SEJIWA. 2018. Bullying! Mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak. Jakarta: PT. Grasindo.
Shin, Hwayeon Helene, Valerie Braithwaite, Eliza Ahmed. (2016). Cyber-and face-to-face bullying: who crosses over? Soc Psychol Educ. DOI 10.1007/s11218- 016-9336-z, 28 February 2016, Springer Science+Business Media Dordrecht 2016.
Strorey, K., Slaby, R., Adler, M. (2020). The Eyes On Bullying Tookits. USA: Education Development Center
Townend, Anne. (2017) Assertiveness and Diversity. NY: Palgrave MacMillan
Article Metrics
Abstract view : 415 timesPDF - 80 times
DOI: https://doi.org/10.26714/sjpkm.v3i2.13400
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lihat Statistik Saya
Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC Universitas Muhammadiyah Semarang
Telepon: 02476740287
Faks: 02476740287
Email: [email protected]