Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Lanjut Usia di Desa Kangkung, Mranggen, Demak

Edy Soesanto(1*), Heryanto Adi Nugroho(2), Ernawati Ernawati(3), Siti Aisah(4), Dewi Setyowati(5), Much Nur Kharistna Al Jihad(6)


(1) Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) Universitas Muhammadiyah Semarang
(4) Universitas Muhammadiyah Semarang
(5) Universitas Muhammadiyah Semarang
(6) Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemajuan ekonomi, perbaikan lingkungan hidup dan majunya ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang kesehatan, mampu meningkatkan umur harapan hidup (life expectancy). Dengan meningkatnya angka harapan hidup lanjut usia yang semakin tinggi, maka dibutuhkan kualitas hidup yang lebih bermakna di bandingkan dengan kualitas hidup yang sekarang yang masih relatif rendah, khususnya masalah kesehatan. Untuk meningkatkan kesejahteraan   khususnya  sosial, ekonomi  ,  kesehatan dan kemampuan lanjut usia,  perlu di selenggarakan suatu suatu program yang berbentuk pelayanan   dan pengembangan kelembagaan yang menangani masalah-masalah  tersebut. Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Lanjut Usia  merupakan salah satu wadah yang dapat  membantu masyarakat melakukan upaya peningkatan dan pencegahan terhadap masalah kesehatan yang dialami oleh  lanjut usia sehingga tercapai kualitas hidup yang optimal, tetapi pelaksanaannya seringkali tidak berjalan dengan baik karena dukungan masyarakat yang masih kurang, keterbatasan jumlah kader, sulitnya mencari kader yang memiliki waktu luang. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam   upaya meningkatkan derajat kesehatan lanjut usia melalui rekruitmen dan pelatihan kader kesehatan. Kegiatan ini melibatkan pemerintah desa,tokoh masyarakat, kader kesehatan dan para lansia di dusun Karang, desa  Kangkung, Mranggen, Demak.   Kegiatan dilakukan dengan tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Perencanaan  dilakukan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya posbindu lanjut usia dan penyakit yang lazim terjadi pada lanjut usia yang perlu penanganan khusus dan kontinyu. Pelaksanaan rekruitmen dan  pelatihan kader untuk membekali kader dalam pelayanan posbindu. Kegiatan dilaksankan dengan baik dan mendapat respon kooperatif , antusias dan aktif setiap kegiatan dilakukan. pemerintah desa, masyarakat dan Puskesmas Mranggen I  mendukung keberadaan posbindu. untuk mengendalikan dan mengontrol masalah kesehatan yang dialami oleh lanjut usia khususnya penyakit degeneratif. 


Keywords


Pemberdayaan; pelatihan; posyandu; lansia

Full Text:

PDF

References


Azizah Nurul Karohmah, I. (2017). Peran Posyandu Lansia Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Lanjut Usia Di Posyandu Lansia Sejahtera Kelurahan Pasirmuncang. Jurnal Untirta, 2(2), 116–213.

Demak, B. P. M. dan K. K. (2019). Demak pada tahun 2019. Bapermas Kab. Demak.

Dinkes Kab. Demak, P. M. (2019). Laporan SP2TP Puskesmas Mranggen tahun 2019.

DS Fatmawati, E. S. (2019). Increased the Intensity of Elderly Visit to posyandu. South East Asia Nursing Research, 1(3), 137–141.

E Soesanto, N. A. (2020). The Role of Volunteers in Improving Services in Elderly Integrated Service Centers. South East Asia Nursing Research, 2(1), 22–26.

Ihsana El Khuluqo, T. N. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Kader Posyandu Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Cimuning. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 2(1), 1–5.

Kab.Demak, B. (n.d.). Kecamatan Mranggen Dalam Angka tahun 2019. BPS Kab. Demak.

Mega Arianti Putri, S. S. (2020). Pembinaan Kader Lansia Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Kesehatan Lansia. Journal of Community Engagement in Health, 3(2), 304–308.

Punyakaew, A., Lersilp, S., & Putthinoi, S. (2019). Active ageing level and time use of elderly persons in a Thai suburban community. Occupational Therapy International, 2019(8), 1–8.

Soesanto, E., Istiarti, T., Pietojo, H., Semarang, U. M., Kesehatan, F., Universitas, M., Semarang, D., Magister, ), Kesehatan, P., Diponegoro, U., & Abstrak, S. (2018). Praktik Lansia Hipertensi dalam Mengendalikan Kesehatan Diri di Wilayah Puskesmas Mranggen Demak. Praktik Lansia Hipertensi Dalam Mengendalikan Kesehatan Diri Di Wilayah Puskesmas Mranggen Demak, 5(2), 127–139. https://doi.org/10.14710/jpki.7.3.127-139

Sosial, S. S. P. dan K. (2020). Statistik Penduduk lanjut Usia 2020. BPS.


Article Metrics

Abstract view : 210 times
PDF - 40 times

DOI: https://doi.org/10.26714/sjpkm.v1i1.8537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats
Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC Universitas Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: saluta@unimus.ac.id