Upaya Menghadapi Covid-19 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Melalui Kader Kesehatan Jiwa

Eni Hidayati(1*), Desi Ariyana Rahayu(2), Mohamad Fatkhul Mubin(3), Warsono Warsono(4), Putri Lusi Ratnasari(5), Emiliya Widyawati(6)


(1) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(4) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(5) Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(6) Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Gangguan jiwa merupakan penyakit psikologis pada manusia. Gangguan jiwa adalah gangguan pikiran, gangguan perasaan atau gangguan tingkah laku sehingga menimbulkan penderitaan dan terganggunya fungsi sehari-hari (fungsi pekerjaan dan fungsi sosial) dari orang tersebut. Pelaksanaan program pengabdian ini dengan menggunakan pendekatan mitra binaan yang dilibatkan secara aktif dalam setiap tahapan dan kegiatan pembinaan yang dilakukan melalui pemberian pendidikan kesehatan. Alat yang digunakan dalam kegiatan ini adalah materi tentang upaya menghadapi covid-19 pada orang dengan gangguan jiwa pada kader-kader kesehatan jiwa dengan laptop, hp, dan materi video. pendidikan kesehatan pada kader kesehatan jiwa menjadi semakin paham tentang pencegahan Covid-19 dengan orang gangguan jiwa pada kader kesehatan jiwa. Kader banyak yang bertanya dan menujukkan antusias pada kader dalam melihat video materinya. menanamkan kepada kader kesehatan jiwa ini sangat penting dengan melihat sangat penting dalam kekuatan kader kesehatan jiwa di masyarakat. Penyuluhan tentang kiat menghadapi covid-19 pada orang gangguan jiwa (ODGJ) pada kader kesehatan di wilayah RW 3 kelurahan kedungmundu. Kegiatan pengabdian ini dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai rencana kerja sama semua pihak, terutama sasaran yang mengikuti kegiatan sampai selesai di kader WAG Penyuluhan tentang kiat menghadapi covid-19 pada orang gangguan jiwa (ODGJ) pada kader kesehatan di wilayah RW 3 kelurahan kedungmundu. Kegiatan pengabdian ini dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai rencana kerja sama semua pihak, terutama sasaran yang mengikuti kegiatan sampai selesai di kader WAG Penyuluhan tentang kiat menghadapi covid-19 pada orang gangguan jiwa (ODGJ) pada kader kesehatan di wilayah RW 3 kelurahan kedungmundu. Kegiatan pengabdian ini dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai rencana kerja sama semua pihak, terutama sasaran yang mengikuti kegiatan sampai selesai di kader WAG


Keywords


Covid-19; Kader; Sehat Jiwa; ODGJ

Full Text:

PDF

References


Asriani, Nauli, F. A., & Karim, D. (2020). Sikap Masyarakat Pada Orang Dengan Gangguan Jiwa. Fakultas Keperawatan Universitas Riau.

Desky, D. F. (2021). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Stres Dan Pola Tidur Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara.

Fikreyesus, M., Soboka, M. dan Feyissa, G. T. (2016). Psychotic relapse and associated factors among patients attenting health services in southwest Ethiopia: a cross-sectional study’, BMC Psychiatry. BMC Psychiatry. https://doi.org/10.1186/s12888-016-1076-2

Hidayati, E., Khoiriyah, & Mubin, M. F. (2015). Pelatihan Siaga Sehat Jiwa Terhadap Pengetahuan Kader Di Rw 06 Dan Rw 07 Desa Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Jurnal Keperawatan Komunitas ., 3(No 1), 17–22.

Hidayati, E., & Nurwanah, N. (2019). Tingkat Kecemasan Terhadap Prestasi Akademik Pengurus Ikatan Mahasiswa Muhammdiyah. Indonesian Journal for Health Sciences, 3(1), 13. https://doi.org/10.24269/ijhs.v3i1.1598

Indonesia, K. K. R. (2018). Riskesdas.

Nasriati, R. (2017). Stigma Dan Dukungan Keluarga Dalam Merawat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). MEDISAINS: Jurnal Ilmiah Ilmu - Ilmu Kesehatan, 15(1), 56–65.

Palupi, W. M. (2019). Evaluasi Media Promosi Kesehatan Jiwa.

Risna. (2019). Stigma Keluarga pada Penderita Gangguan Jiwa Family ’ s Stigma on People with Mental Disorders. Stigma Keluarga Pada Penderita Gangguan Jiwa Family ’ s Stigma on People with Mental Disorders, 5(1), 28–37.

Wahyuningtyas, W. (2019). Peran Dukungan Keluarga terhadap Kekambuhan Gangguan Jiwa Rumah Singgah Dosaraso Kabupaten Kebumen. Stie Widya Wiwaha Yogyakarta.

World Health Organization. (2020). Coronavirus. Retrieved from World Health Organization: https://www.who.int/healthtopics/coronavirus. 19, 1–12.

Yulianti, T. S., & Wijayanti, W. M. P. (2016). Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Tingkat Pengetahuan Tentang Kesehatan Jiwa Dengan Sikap Masyarakat Terhadap Pasien Gangguan Jiwa Di Rw Xx Desa Duwet Kidul, Baturetno, Wonogiri. KOSALA : Jurnal Ilmu Kesehatan, 4(1), 1–12.


Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF - 16 times

DOI: https://doi.org/10.26714/sjpkm.v1i2.8704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats
Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC Universitas Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: saluta@unimus.ac.id