Analisis Pengaruh Kemiskinan dan Gangguan Mental Emosional Ibu Terhadap Perkembangan Anak Usia 36-59 Bulan di Provinsi Sumatera Selatan (Analisis Riskesdas Tahun 2018) .

Chelly Meliana(1), amrina rosyada(2*)


(1) 
(2) Sriwijaya University
(*) Corresponding Author

Abstract


Keterlambatan perkembangan anak dapat berdampak besar terhadap masa depan Indonesia. Menurut hasil Riskesdas 2018, terdapat 11,7% anak mengalami keterlambatan perkembangan dan pada provinsi Sumatera Selatan terdapat 11,5% anak mengalami keterlambatan perkembangan. Keterlambatan perkembangan di pengaruhi beberapa faktor diantara kemiskinan dan gangguan mental emosional ibu namun kemiskinan juga merupakan salah satu faktor resiko pencetus gangguan mental masyarakat. Penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh kemiskinan dan gangguan mental emosional ibu terhadap perkembangan anak usia 36-59 bulan di provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan desain cross sectional dan menggunakan data sekunder Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 (Riskesdas 2018). Terdapat 681 sampel pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan analisis statistik Uji Chi Square, Regresi Logistik Sederhana dan Regresi Logistik berganda. Tidak ada pengaruh kemiskinan dan mental emosional ibu terhadap perkembangan anak usia 36-59 bulan di Provinsi Sumatera Selatan (P-Value: 0,767; 95%CI : 0,482-1,713 untuk kemiskinan) dan (P-Value:0,987;95%CI; 0,428-2,304 untuk gangguan mental emosional ibu) setelah di kontrol dari oleh variabel confounding. Diharapkan untuk masyarakat yang memiliki anak di bawah 5 tahun lebih memperhatikan pengambilan keputusan yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak dengan cara mengunjungin posyandu sehingga dapat melakukan pemantauan pertumbuhan, memperhatikan pemberi makanan tambahan.


Keywords


Kemiskinan, Gangguan mental emosional, Perkembangan anak

Full Text:

pdf

Article Metrics

Abstract view : 101 times
pdf - 31 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkmi.18.3.2023.8-13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia

ISSN 1693-3443 (print) | 2613-9219 (online)
Organized by Department of Public Health, Faculty of Public health, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang, Indonesia
Published by Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang
W : https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jkmi 
E : manajerjkmi@unimus.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.