Pengaruh Pemanfaatan Lahan Pekarangan Rumah terhadap Kejadian Stunting di Kabpaten Tanggamus, Provinsi Lampung

sutarto sutarto(1*), Ratna Dewi puspita Sari(2), Winda Trijayanthi Utama(3), Reni Indriyani(4)


(1) UNIVERSITAS LAMPUNG
(2) Universitas Lampung
(3) Universitas Lampung
(4) Poltekkees Tankungkarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Stunting merupakan kondisi kurang gizi kronis disertai dengan komplikasi penyakit. Prevalensi stunting anak balita di Indonesia 29,9% dan provinsi Lampung 27,4% serta terbanyak di pedesaan. Kondisi prevalensi stunting di Lampung pada posisi di bawah angka nasional tetapi masih di atas 20% (target WHO kurang dari 20%). Kabupaten Tanggamus angka sunting turun menjadi 3,3%, namun demikian terdapat 25 desa yang mempunyai angka prevalensi stunting di atas 10%. Desa dengan lahan pekarangan yang rata rata cukup luas dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai lahan ekonomis dan perlu penanganan, sehingga dapat menjadi program percepatan pencegahan stunting. Tujuan penelitian ini menjelaskan pengaruh pemanfaatan lahan pekarangan rumah terhadap kejadian stunting di Kabupaten Tanggamus.

Motode menggunakan disain case control dengan lokasi di 16 desa wilayah kerja kabupaten Tanggamus sebanyak 200 responden, menggunakan analisa regresi logistik ganda.

Terdapat 2 variabel dari 12 variabel secara simultan berpengaruh terhadap kejadian stunting yaitu motivasi kepala keluarga dalam memanfaatkan lahan pekarangan rumah, pengalaman kepala keluarga dalam memanfaatkan lahan pekarangan rumah.  Motivasi pengalaman memanfaatkan lahan pekarangan yang kurang baik secara tidak langsung berpengaruh terhadap kejadian stunting di Kabupaten Tanggamus sebesar 27,6% dan 73,4% dipengaruhi oleh faktor lain.


Keywords


Stunting, manfaat, lahan pekarangan, motivasi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 167 times
PDF - 156 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkmi.18.2.2023.14-21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia

ISSN 1693-3443 (print) | 2613-9219 (online)
Organized by Department of Public Health, Faculty of Public health, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang, Indonesia
Published by Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang
W : https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jkmi 
E : manajerjkmi@unimus.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.