INDIKATOR PENCEMARAN UDARA BERDASARKAN JUMLAH KENDARAAN DAN KONDISI IKLIM (Studi di Wilayah Terminal Mangkang dan Terminal Penggaron Semarang)

Irma Dita Kurniawati(1*), Ulfa Nurullita(2), M Mifbakhuddin(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Salah satu penyebab pencemaran udara adalah meningkatnya jumlah kendaraan di Indonesia. Jumlah kendaraan di Indonesia tahun 2016 mencapai 124.215 juta unit, naik 10-15 %. World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa pencemaran udara merupakan faktor risiko gangguan kesehatan terbesar di dunia, diperkirakan data  tahun 2016 sekitar 6,5 juta orang meninggal tiap tahun akibat paparan polusi udara. Faktor yang berhubungan dengan konsentrasi pencemar udara adalah jumlah kendaraan, suhu udara, kelembaban udara, kecepatan angin, hujan, dan topografi.

Tujuan : Untuk mengetahui hubungan jumlah kendaraan dan kondisi iklim dengan konsentrasi CO, mengukur konsentrasi SO2 dan NO2 di Terminal Mnagkang dan Terminal Penggaron Semarang.

Metode:Jenis penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Obyek dan sampel penelitian yaitu udara di lokasi penelitian diukur dalam kurun waktu 1 jam. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah jumlah kendaraan, suhu udara, kelembaban udara, dan kecepatan angin, sedangkan variabel terikat adalah konsentrasi karbon monoksida. Analisis data menggunakan korelasi person dan rank spearman.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar kendaraan tidak padat(65,0%) dengan nilai p 0,000, sebagian besar suhu udara rendah(55,0%) dengan nilai p 0,221, kelembaban udara tinggi(100%) dengan nilai p 0,006, dan kecepatan angin tenang(100%) dengan nilai p 0,597. Hasil ukur di Terminal Mangkang SO2 <27,8 g/Nm3 dan NO2 28,9 g/Nm3, di Terminal Penggaron SO2 <27,3 g/Nm3 dan NO2 16,0 g/Nm3.

Kesimpulan: Ada hubungan jumlah kendaraan dan kelembaban udara dengan konsentrasi karbon monoksida (p<0,05), tidak ada hubungan antara suhu udara dan kecepatan angin dengan konsentrasi karbon monoksida (p>0,05).


Keywords


Jumlah Kendaraan, Kondisi Iklim, Indikator Pencemaran Udara

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4185 times
PDF - 1185 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia

ISSN 1693-3443 (print) | 2613-9219 (online)
Organized by Department of Public Health, Faculty of Public health, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang, Indonesia
Published by Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang
W : https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jkmi 
E : manajerjkmi@unimus.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.