MANFAAT STIMULUS OTOT-OTOT PAYUDARA (BREAST MASSAGE) DAN PENGELUARAN OKSITOSIN (PIJAT OKSITOSIN) TERHADAP VOLUME KOLOSTRUM PADA IBU POSTPARTUM

Naomi Parmila, Tuti Yulianingsih

Abstract


Tidak memberikan ASI pada bayinya dapat mengganggu pemenuhan kebutuhan nutrisi bayi. Selain itu, juga karena kurangnya pengetahuan ibu tentang cara-cara untuk meningkatkan volume kolostrum dan produksi ASI yang dalam hal ini yaitu mengenai stimulus otot-otot payudara dan pengeluaran oktosin. Diare erat kaitannya dengan perilaku sehat, ketersediaan air bersih, serta sanitas dasar. Pneumonia terkaid eratdengan indioor and outdoorpollution (populasi didalam dan diruangan), ventilasi, kepadatan hunian, jenis bahan bakar yang dipakai, kebiasaan merokok, status gizi, ststus imunisasi dan lam pemberian ASI (Depkes RI, 2011). Populasi dalam penelitian ini ibu pos partum yang terdaapat pada RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara.penelitian ini menggunakan teknik sampel incidental. Berdasarkan data penelitian yang diperoleh di RSUD hj. Anna Lasmanah Banjarnegara menunjukkan bahwa tindakan Stimulasi otot-otot payudara (brast massage) dan pengeluaran oksitosin ( pijat oksitosin (pijat oksitosin) berpengaruh terhadap kolostrum.
Stimulus adalah perangsang organ bagian tubuh atau resseptor lain untuk menjadi aktif (Kamus Besar Indonesia, 2005). Breakst massase adalah rangsangan melalui serabut syarF memacu hipofise posterior untuk melepas hormon oksitosin dalam darah. Manfaat dari breast massage adlah melancarkan reflex let down, meningkatkan volume ASI dan encegah payudara bengkak. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini ddapt disimpulkan bahwa : terdapat manfaat yang bermakna antara stimulasi-stimulasi otot-otot payudara (brast massage) dan pengeluaran oksitosin (pijat okstosin) terhadap volume kolostrum pada ibu post partum.


Keywords


Breast Massage; Oksitosin;

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 549 times
PDF - 150 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jk.6.2.2017.108-111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Kebidanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.



JURNAL KEBIDANAN

Program Studi Kebidanan
Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
NRC Building, 2nd FLoor
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Semarang
Tlp. +6224-76740288, Fax. +6224-76740287