HUBUNGAN USIA, PARITAS DAN PERSONAL HYGIENE DENGAN HASIL PEMERIKSAAN INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT (IVA) DI PUSKESMAS BRANGSONG 2 KECAMATAN BRANGSONG KABUPATEN KENDAL

Frida Cahyaningrum, T.Ria Marriagewati M Adam, Dharminto Dharminto

Abstract


Latar belakang: Kanker serviks adalah keganasan yang terjadi pada leher rahim tetapi terbentuknya sangat perlahan, kanker servik adalah kanker terbanyak kedua pada perempuan di Indonesia setelah kanker payudara. Ada beberapa faktor resiko yang menyebabkan kanker servik salah satunya seperti usia, hubungan seksual sejak usia muda, genetik, merokok, paritas, personal hygiene dan defisiensi zat gizi.  

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia, paritas dan personal hygiene dengan hasil pemeriksaan IVA.

Jenis : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif. Sampel terdiri dari 78 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini meliputi  usia, paritas dan personal hygiene dan variabel terikatnya hasil pemeriksaan IVA. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan analisa menggunakan uji Chi Square pada tingkat kesalahan 0,05.

Hasil: penelitian menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara usia dengan hasil pemeriksaan IVA dengan signifikansi (P) = 0,00; ada hubungan yang bermakna antara paritas dengan hasil pemeriksaan IVA dengan signifikansi (P) = 0,05; tidak ada hubungan antara personal hygiene dengan hasil pemeriksaan IVA dengan signifikansi (P) = 0,73. Simpulan: penelitian menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara usia dengan hasil pemeriksaan IVA; ada hubungan yang bermakna antara paritas dengan hasil pemeriksaan IVA; tidak ada hubungan antara personal hygiene dengan hasil pemeriksaan IVA.

Keywords


Usia, Paritas, Personal Hygiene, Pemeriksaan IVA

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 587 times
PDF - 265 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jk.6.2.2017.103-107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Kebidanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.



JURNAL KEBIDANAN

Program Studi Kebidanan
Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
NRC Building, 2nd FLoor
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Semarang
Tlp. +6224-76740288, Fax. +6224-76740287