HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG HIV/AIDS DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN VCT DI PUSKESMAS GEDONGTENGEN YOGYAKARTA

Luluk Rosida(1*), Devi Pratiwi(2)


(1) Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
(2) Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Kelompok usia reproduktif tersebut  menyumbang lebih dari 70% kasus AIDS, namun dalam SDKI 2012 pada wanita 15-49 tahun dan pria kawin umur 15-54 tahun yang pernah mendengar tentang HIV/AIDS, tidak sesuai dengan tingkat pengetahuan tentang cara mengurangi risiko tertular HIV/AIDS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang HIV/AIDS dengan pemanfaatan layanan VCT. Desain penelitian ini adalah penelitian survei analitik, pendekatan yang digunakan adalah cross sectional. Teknik sampel yang digunakan accidental sampling  sebanyak 30 responden datang ke layanan VCT Puskesmas Gedongtengen. Teknik analisa data menggunakan uji chi square. Penelitian ini menunjukkan berdasarkan hasil Uji chi square didapatkan  hasil bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan dan pemanfaatan pelayanan VCT di Puskesmas Gedongtengen. Berdasarkan hasil dapat diambil kesimpulan yaitu terdapat hubungan antara pengetahuan dan pemanfaatan pelayanan VCT di Puskesmas Gedongtengen. Deteksi dini diri sendiri terhadap infeksi HIV dianjurkan demi terciptanya masyarakat sehat. Terutama saat akan menikah dan merencanakan kehamilan dengan mendatangi puskesmas yang menyediakan pelayanan VCT.


Keywords


Pengetahuan; HIV AIDS; VCT;

Full Text:

PDF

References


Apanga, P. A., Robert Akparibo and John K. Awoonor Williams. 2015. Factors Influencing Uptake Of Voluntary Counselling And Testing Services For HIV/AIDS in the Lower Manya KroboMunicipality (LMKM) in the Eastern Regionof Ghana: a Cross-sectional HouseholdSurvey. Journal of Health, Populati n and Nutrition. 32 (23).

BKKBN, Badan Pusat Statistik dan Kementerian Kesehatan. 2013. Survei DemografiKesehatan Indonesia 2012. Jakarta

Burhan, R. 2013. Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan oleh Perempuan Terinfeksi HIV/AIDS. Jurnal Kesmas Nasional, 8 (1): 33-38.

Depkes RI. 2006. Pedoman Pelayanan Konseling dan Testing HIV/AIDS Secara Sukarela (Voluntary Counselling and Testing). Ditjen PP & PL, Jakarta

Teklehaimanot, H. D., Awash Teklehaimanot, Mekonnen Yohannes, and Dawit Biratu. 2016. Factors Influencing the Uptake of Voluntary HIV Counselingand Testing in RuralEthiopia: a Cross Sectional study. BMC Public Health.16 (239)


Article Metrics

Abstract view : 925 times
PDF - 86 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jk.7.1.2018.23-27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Kebidanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.



JURNAL KEBIDANAN

Program Studi Kebidanan
Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
NRC Building, 2nd FLoor
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Semarang
Tlp. +6224-76740288, Fax. +6224-76740287