HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KEPATUHAN TENAGA KESEHATAN TERHADAP PERATURAN PEMERINTAH NO.33 TAHUN 2012 TENTANG PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF

friska realita

Abstract


Menyusui adalah proses alamiah, berjuta-juta ibu di seluruh dunia berhasil menyusui bayinya tanpa pernah membaca buku tentang Air Susu Ibu (ASI). Bahkan ibu yang buta huruf pun dapat  menyusui anaknya dengan baik. Untuk keberhasilan menyusui tidak diperlukan alat-alat khusus dan biaya yang mahal. Yang diperlukan hanyalah kesabaran, waktu, sedikit tentang pengetahuan tentang menyusui, dan dukungan dari lingkungan terutama suami. Telah dijelaskan dalam Pasal 17 ayat (1) PP No. 33 Tahun 2012 tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif, setiap tenaga kesehatan dilarang memberikan susu formula bayi dan/atau produk bayi lainnya yang dapat menghambat program pemberian ASI Eksklusif kecuali dalam hal diperuntukkan sebagaimana dimaksud. Untuk mengetahui Kepatuhan Tenaga Kesehatan  Terhadap  Peraturan Pemerintah No.33 Tahun 2012 Tentang Pemberian Asi Eksklusif Di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang . Variabel independen dari penelitian ini adalah PP 33 Tahun 2012 tentang asi eksklusif, Variabel dependent dari penelitian ini adalah Tenaga Kesehatan yang berhubungan dengan Ruang ibu Melahirkan seperti perawat dan Bidan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini menggunakan metode belah lintang (cross sectional) dimana seluruh variabel yang terdiri dari variabel independent dan variabel dependent, populasi pada peneltian ini Tenaga Kesehatan yang berhubungan dengan Ibu Melahirkan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang , Pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling yaitu sampling jenuhsebanyak 30 sampel. . Hasil Penelitian responden yang memiliki tingkat pengetahuan yang cukup baik dengan memiliki proporsi yang paling besar yaitu sebanyak 56,67% sedangkan yang memiliki pengetahuan yang baik hanya sebanyak 30,00%. Jumlah responden yang memiliki kepatuhan memiliki proporsi sebesar 93,33%. Hasil penelitian mendapatkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara pengetahuan mengenai PP 33 dengan kepatuhan terhadap PP 33 tersebut dengan tingkat hubungan yang cukup kuat. Hasil ini menunjukkan bahwa pengetahuan yang baik akan menjadikan mereka memiliki kepatuhan yang lebih besar terhadap PP 33.

Kata kunci :

Kepatuhan, tenaga kesehatan, PP 33, Asi Eksklusif


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 161 times
PDF - 40 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jk.8.1.2019.43-49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Kebidanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JURNAL KEBIDANAN

Program Studi Kebidanan
Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
NRC Building, 2nd FLoor
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Semarang
Tlp. +6224-76740288, Fax. +6224-76740287

Send Mail

 

Creative Commons License
Jurnal Kebidanan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.